Ladies, Ini Faktor Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur

"Jika anda sering bepergian ke negara lain, Anda mungkin dapat mengalami masalah siklus menstruasi yang tidak teratur"
Ilustrasi. (Net)

KLIKPOSITIF - Normalnya, setiap wanita akan mengalami menstruasi setiap bulan. Namun tak sedikit wanita yang siklus menstruasinya tak teratur, kadang telat satu bulan, dua bulan, tiga bulan bahkan lebih. 

Berikut 5 kemungkinan penyebab wanita mengalami siklus menstruasi tak teratur, seperti dilansir Boldsky:

Stres 
Sebagian besar orang menyadari bahwa stres adalah salah satu masalah yang bisa memicu berbagai penyakit. Jika Anda berada di bawah stres emosional, kemungkinan siklus menstruasi normal akan terganggu.

Terlalu gemuk
Jika berat badan Anda lebih dari 92 kg, maka anda dianggap obesitas. Jika siklus menstruasi Anda tidak teratur, kemungkinan obesitas menjadi salah satu penyebabnya.

Terlalu kurus
Selain kelebihan berat badan, terlalu kurus juga bisa membuat siklus menstruasi Anda menjadi tidak teratur. Berat badan yang terlalu kurus dapat menyebabkan organ vital tubuh tidak berfungsi dengan baik, sehingga dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Sering bepergian
Jika anda sering bepergian ke negara lain, Anda mungkin dapat mengalami masalah siklus menstruasi yang tidak teratur karena tubuh sering disesuaikan dengan waktu dan kondisi tertentu.

Terlalu sering olahraga
Kegiatan yang berlebihan selalu berdampak buruk bagi kesehatan seseorang. Bila Anda mengekspos tubuh untuk berolahraga secara berlebihan, maka akan mempengaruhi kesehatan fisik, salah satunya siklus menstruasi.