Apakah Anda Sering Sarapan Lontong Sayur?

" beberapa sarapan populer ini kurang baik bagi tubuh."
efek buruk lemak jahat pada santan antara lain bisa menyumbat arteri, peradangan, depresi hingga penuaan otak (i.ytimg.com)

KLIKPOSITIF - Di tengah sempitnya waktu dan pagi hari, banyak orang yang akhirnya memilih menu sarapan seadanya yang mudah untuk didapat atau bahkan melewatkan sarapan karena terburu-buru.

Hal ini tentu tidak baik karena sebaiknya sarapan harus memiliki asupan nutrisi seimbang yang diperlukan tubuh, yakni karbohidrat, protein, dan vitamin. Nah, ternyata beberapa sarapan populer ini kurang baik bagi tubuh.

1.Nasi

Studi dari Harvard School of Public Health mengungkapkan bahwa sarapan dengan nasi tubuh secara tak langsung dipaksa bekerja ekstra keras untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa sehingga menyebabkan rasa kantuk setelah mengonsumsi menu nasi ini.

2. Mie Instan

Menu yang satu ini selalu menjadi andalan karena sangat praktis dan tidak perlu waktu lama untuk menyajikannya. Namun mie instan sangat tidak sehat untuk dijadikan menu sarapan, karena mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi, namun rendah protein, serat, vitamin dan mineral, sehingga tidak dapat memenuhi kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Donat

Menurut Kristin Kirkpatrick, MS, RD, LD dari Cleveland Clinic, donat memiliki kandungan gula yang berbahaya. Donat yang disajikan dengan berbagai topping manis akan memaksa tubuh memompa insulin yang menimbulkan rasa lapar akan cepat kembali.

4. Gorengan

Gorengan mengandung lemak jenuh yang tidak baik untuk tubuh karena bisa menyebabkan penyakit kolesterol. Menurut sebuah studi dari University of Guelph, lemak jenuh dapat menyebabkan tubuh kesulitan membersihkan gula dari darah, yang pada akhirnya akan mengakibatkan kegemukan atau obesitas.

5. Lontong Sayur

Santan segar baik untuk kesehatan karena mengandung lemak sehat yang baik untuk kekebalan tubuh dan perkembangan otak jika dikonsumsi langsung. Namun menurut dr. Phaidon Touran, ketika santan dimasak atau dipanaskan berkali-kali, maka lemak baik tersebut akan berubah menjadi lemak ... Baca halaman selanjutnya