Jalan Kaki 25 Menit Perhari Bisa Kurangi Resiko Kanker

"Peneliti dari Queensland University of Technology di Brisbane Sandra Hayes mengatakan bahwa berjalan adalah latihan yang paling umum dilakukan untuk sebagian besar pasien."
Ilustrasi. (Net)

KLIKPOSITIF - Berjalan selama 25 menit setiap hari dapat secara dramatis mengurangi risiko kematian akibat kanker, menurut penelitian terbaru.

Dilansir dari Dayli Mirror, dua penelitian telah menemukan bahwa olahraga teratur, seperti jalan cepat, dapat membantu pasien kanker.
Penelitian terhadap pasien kanker menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga rata-rata 25 menit sehari dengan intensitas sedang mengalami penurunan resiko kematian sebesar 50 persen. Studi tersebut menyimpulkan bahwa aktivitas fisik memiliki "potensi yang jelas untuk mempengaruhi kelangsungan hidup".

Penelitian ini melibatkan 337 wanita yang baru didiagnosis menderita kanker payudara dan telah menjalani operasi untuk mengangkat tumor. Selama delapan bulan, satu kelompok mengikuti program olahraga rutin selama 180 menit seminggu. Sementara kelompok kedua mendapat perawatan standar. Perbandingan hasil yang diperoleh dari kedua kelompok ini ditemukan setelah dipantau selama delapan tahun.

Peneliti dari Queensland University of Technology di Brisbane Sandra Hayes mengatakan bahwa berjalan adalah latihan yang paling umum dilakukan untuk sebagian besar pasien.

"Beberapa aktivitas atau olahraga lebih baik daripada tidak sama sekali, dan melakukan lebih banyak umumnya lebih baik daripada sedikit," katanya.

Dalam penyelidikan kedua, 992 orang dengan kanker usus juga dipantau selama tujuh tahun. Mereka yang rutin olahraga rata-rata 22 menit perhari mengalami penurunan resiko kematian sebesar 42 persen dibanding yang tidak melakukan olahraga.

"Jalan cepat adalah latihan yang bagus untuk semua orang," katanya.

Penelitian ini dipresentasikan di American Society of Clinical Oncology di Chicago. Selain olahraga, banyak konsumsi buah, sayuran dan biji-bijian juga membantu mengatasi kanker.