Bayi Menangis Setelah Dilahirkan? Jangan Senang Dulu!

"Dalam kasus ini, peneliti telah menyarankan bahwa sangat penting untuk mengidentifikasi cara yang berbeda dalam memahami tingkat stres mereka."
Ilustrasi. (Reuters.)

KLIKPOSITIF - Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa bayi baru lahir menangis saat keluar dari rahim ibunya? Selama ini, semua ibu akan senang mendengar tangisan anaknya tapi alasan di balik itu ternyata tidak begitu menggembirakan.

Menurut sebuah studi baru karena stres dan rasa sakit, bayi mulai menangis saat mereka tidak mampu mengungkapkan perasaan sebenarnya. Periset telah menemukan bahwa otak bayi yang baru lahir menunjukkan respons yang meningkat terhadap rasa sakit yang mereka ekspresikan melalui tangisan.

Terkadang perawat meremehkan rasa sakit bayi. Dalam kasus ini, peneliti telah menyarankan bahwa sangat penting untuk mengidentifikasi dan memahami tingkat stres mereka.

"Ketika bayi yang baru lahir mengalami prosedur yang menyakitkan, ada peningkatan aktivitas otak yang cukup terkoordinasi dengan respons perilaku seperti menangis," kata Laura Jones dari University College London seperti dikutip IANS.

"Bayi yang stres memiliki respon lebih besar di otak mereka setelah menjalani prosedur melahirkan yang menyakitkan," Jones menambahkan.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Biology ini menyarankan tenaga medis untuk merawat bayi sebaik mungkin, yang akan membantu mereka melepaskan stres dan rasa sakit.

Sumber: Ibtimes.sg