Ganti Sarapan Anda dengan Olahan dari Wijen Ini untuk Atasi Gejala Anemia

"Karena biji wijen, khususnya wijen hitam kaya akan zat besi"
Ilustrasi (Instalasi Gas Medis)

KLIKPOSITIF - Bila Anda menderita anemia, darah Anda tidak dapat menyuplai oksigen dengan cukup menuju seluruh organ dan jaringan tubuh Anda. Gejalanya bisa meliputi kelelahan, kulit pucat, sakit kepala, tangan dan kaki dingin dan gejala lainnya.

Dilansir dari Boldsky, untuk mengatasi anemia bahan alami yang terbuat dari biji wijen mampu mengatasi anemia. Karena biji wijen, khususnya wijen hitam kaya akan zat besi. Nah, Anda cukup mengonsumsinya tiap pagi.

Dari 1/4 cangkir biji wijen, kandungannya akan memberikan 30% kebutuhan zat besi harian. Selain itu, biji wijen adalah sumber utama fitonutrien seperti asam lemak omega-6, antioksidan fenolik flavonoid, vitamin dan serat makanan dengan khasiat anti-kanker pada kesehatan.

Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk konsumsi biji wijen dengan memasukkannya ke dalam makanan Anda.

1) Pasta Wijen: Obat buatan sendiri ini terbukti efektif dalam mengobati anemia. Ia juga sangat mudah dicerna, sehingga nutrisi dalam bentuk pasta ini cenderung terserap lebih cepat ke dalam tubuh.

Bahan: 1 Sendok Teh biji wijen, sendok Makan madu dan air untuk merendam biji wijen.
Caranya: 1) Rendam biji wijen dalam air selama dua jam, 2) Saring benih dan haluskan biji wijen hingga berbentuk pasta, 3) Tambahkan madu ke dalam campuran dan aduk rata. 4) Konsumsilah campuran ini dua kali sehari untuk hasil yang cepat.

2) Susu Campuran Wijen: Karena biji wijen hitam lebih manjur daripada biji wijen biasa, ini adalah resep efektif untuk mengobati anemia.

Bahan: 1 sendok teh pasta biji wijen hitam, 1 cangkir susu, 2 sendok teh madu dan 1 gelas air hangat
Caranya: 1) Rendam biji wijen dalam air hangat selama dua jam. 2) Hancurkan biji wijen hingga menjadi halus. 3) Saring cairan dari pasta dan campurkan dengan susu. 4) Tambahkan juga madu kedalamnya. 5) Minum susu ini setiap hari.