ASI Sering Disebut 'Golden Liquid', Ini Alasannya

"Di usia ini, bayi belum memiliki enzim pencernaan sempurna untuk mencerna makanan atau minuman lain."
Ilustrasi menyusui. (Boldsky.)

KLIKPOSITIF - Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa pemberian ASI ekslusif pada bayi secara mutlak penting dilakukan menghindari alergi dan menjamin kesehatan bayi secara optimal.

ASI Eksklusif yakni ASI yang diberikan kepada bayi sejak dilahirkan selama 6 (enam) bulan, tanpa menambahkan dan atau mengganti dengan makanan atau minuman lain. Di usia ini, bayi belum memiliki enzim pencernaan sempurna untuk mencerna makanan atau minuman lain. Meski begitu, kebutuhan si buah hati akan zat gizi akan terpenuhi jika mengonsumi ASI.

ASI disebut juga golden liquid atau cairan emas. Dilansir dari Dailymail, ASI jauh lebih sempurna dibandingkan susu formula mana pun yang biasanya berbahan susu sapi. Kandungan protein dan laktosa pada susu manusia dan susu sapi berbeda. Susu sapi kadar proteinnya lebih tinggi, yakni 3,4 persen sedangkan susu manusia hanya 0.9 persen. Sementara kadar laktosa susu manusia lebih tinggi yakni 7 persen sedangkan susu sapi hanya 3,8 persen.

Fungsi dari kedua zat gizi ini bertolak belakang. Laktosa sangat penting dalam proses pembentukan myelin otak, yakni pembungkus saraf yang bertugas mengantarkan rangsangan yang diterima si bayi. Saat menyusu rangsangan yang diterima oleh si bayi seperti mencium bau ibunya serta mendengar dan merasakan napas sang bunda.

Sementara susu sapi, kandungan protein yang tinggi diperlukan untuk membantu pembentukan otot. Sapi, memang butuh otot kuat untuk melakukan pekerjaan berat.

Hasil penelitian dari Oxford University dan Institute for Social and Economic Research, menyebutkan bahwa bayi yang mendapat ASI Eksklusif akan tumbuh menjadi anak yang lebih pintar dalam membaca, menulis, dan matematika. Salah satu peneliti, Maria Iacovou mengemukakan asam lemak rantai panjang (long chain fatty acids) yang terkandung di dalam ASI membuat otak bayi berkembang.

Ibu pemberi ASI secara eksklusif, ternyata juga ... Baca halaman selanjutnya