Tumbuh Kembang Bayi Tergantung pada Kehadiran Bakteri Ini

" Komunikasi ini penting karena otak mengirimkan pesan- pesan emosional yang berdampak pada fungsi usus."
Ilustrasi bakteri. (Net)

KLIKPOSITIF - Kata bakteri memang dapat menghadirkan ketakutan pada ibu manapun di dunia. Sekilas, jika mendengar kata bakteri maka para ibu akan membayangkan hal-hal buruk yang bisa terjadi pada anak mereka, jatuh sakit dan lainnya.

Tapi tahukah anda bahwa pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda tergantung pada kehadiran triliunan bakteri baik dalam ususnya?

Ada beberapa bakteri yang benar-benar penting untuk mendukung kesehatan usus anak. Bakteri "baik" atau ramah membantu mendukung fungsi usus seperti mencerna makanan, melindungi dia dari bakteri jahat penyebab infeksi dan mempengaruhi suasana hatinya, sehingga mendukung kesejahteraan fisik dan mental anak.

Dimana bakteri baik hidup?

Berikut adalah fakta mencengangkan: Jumlah mikroba dalam tubuh kita melebihi jumlah sel manusia dengan perbandingan 10:1, dan mayoritas dari mereka hidup dalam usus. Bahkan, jika ditimbang berat semua mikroba dalam usus melebihi berat otak manusia.

Mengingat konsentrasi agak besar dari bakteri ini dalam tubuh kita, adalah logis untuk mengasumsikan bahwa bakteri benar-benar memainkan peran yang cukup penting dalam fungsi tubuh kita, sejak lahir.

Apa yang bakteri baik lakukan?

Salah satu fungsi utama dan paling jelas, bahwa yang dilakukan bakteri dalam usus bayi Anda adalah untuk mendukung pencernaan. Tapi itu hanya salah satu hal yang dilakukan bakteri usus.

1. Mendukung Pertumbuhan Fisik
Bakteri baik memperlancar pencernaan dan proses penyerapan, terutama ketika lambung dan usus kecil mengalami kesulitan untuk melakukannya. Nutrisi yang dicerna dan diserap menyediakan semua energi dan gizi yang dibutuhkan tubuh bayi.

2. Mendukung Perkembangan Otak 
Nutrisi yang dicerna seperti DHA dan ARA menyediakan blok bangunan untuk perkembangan otak yang optimal. Selain itu, jejak nutrisi penting seperti zat besi - yang dikirim ke otak melalui ... Baca halaman selanjutnya