Ini Manfaat Mengunyah Makanan dengan Benar

"Tapi tahukah anda, mengunyah harus dijadikan sebagai ritual sadar, kata para ahli kesehatan. "
Ilustrasi. (Net)

KLIKPOSITIF - Positifers, apakah anda termasuk orang-orang yang suka menelan makanan dalam gigitan besar dan cenderung menelannya setelah setelah sekali kunyah atau bahkan tanpa dikunyah?

Ya. Mungkin anda sedang terburu-buru. Harus pergi ke kantor atau terburu-buru untuk melanjutkan tugas-tugas kantor. Tapi tahukah anda, mengunyah harus dijadikan sebagai ritual sadar, kata para ahli kesehatan. Mengunyah makanan dengan tidak memadai juga dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda dalam berbagai cara.

Pertama, penting untuk menggigit makanan dalam jumlah kecil. Selanjutnya anda disarankan mengunyah makanan 7-8 kali sebelum Anda menelannya. Proses ini perlu dilakukan secara perlahan. Nah, apa manfaatnya? Simak pemaparan berikut dilansir Boldsky:

Manfaat # 1 
Anda akan menyerap jumlah gizi yang cukup dari makanan yang Anda konsumsi. Anda harus mengunyah potongan besar makanan menjadi partikel yang lebih kecil dan partikel-partikel yang lebih kecil dapat dicerna dengan mudah. Juga, partikel-partikel kecil makanan ini lebih mudah dicerna.

Manfaat # 2
Pencernaan adalah tugas yang menantang. Dan tubuh Anda perlu bekerja keras untuk melakukan tugas itu. Tetapi ketika Anda mengunyah makanan dengan benar, tugas itu menjadi lebih mudah. Dan tahukah anda, air liur juga membuat makanan menjadi mudah dicerna.

Manfaat # 3
Bila Anda mengunyah makanan lebih lama, Anda cenderung makan secara perlahan dan ini akan membuat Anda mengkonsumsi lebih sedikit makanan. Ya, banyak studi mengklaim bahwa makan lambat akan membantu Anda makan lebih sedikit. Jadi, ini membantu penurunan berat badan juga.

Manfaat # 4
Mengunyah adalah latihan yang baik untuk gigi Anda. Jadi, gigi akan tetap kuat ketika Anda mengunyah dengan benar.

Manfaat # 5 
Mengunyah memungkinkan Anda menikmati rasa makanan dan ... Baca halaman selanjutnya