Tips Agar Pasokan ASI Berlimpah

"Kolostrum mengandung immunoglobulin, rantai anti-microbial, serta molekul bioaktif lain yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi."
Ilustrasi. (Net)

KLIKPOSITIF - Bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan harus diberikan ASI ekslusif agar sistem kekebalan tubuhnya lebih kuat. Hal penting yang disarankan bagi para ibu adalah menyusui bayi lebih sering di masa-masa awal kelahiran.

Dilansir dari laman Baby Center, sejak usia kehamilan 4 bulan kolostrum yang telah diproduksi merupakan bagian dari ASI itu sendiri. Diketahui, kolostrum adalah zat yang dikeluarkan oleh kelenjar air susu ibu pada tahap akhir masa kehamilan. Zat ini akan terkandung dalam ASI yang ibu keluarkan setelah persalinan hingga memasuki hari ke-7 pasca kelahiran bayi.

Kolostrum sangat baik bagi bayi, karena pencernaan bayi yang belum sempurna, sehingga membutuhkan makanan dalam bentuk konsentrat, dengan ciri-ciri jumlah volume sedikit, namun kaya akan gizi.

Kolostrum mengandung immunoglobulin, rantai anti-microbial, serta molekul bioaktif lain yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Begitu pentingnya kolostrum bagi bayi, maka segera setelah persalinan, segeralah berikan ASI pada bayi, dan jangan menundanya, karena seperti yang diungkapkan di atas, persediaan dan pengeluaran kolostrum sangat terbatas, dan hanya bisa dinikmati oleh bayi Anda selama maksimal satu minggi saja.

Hal penting lain yang perlu Anda ingat adalah, zat kolostrum hanya terdapat dalam ASI. Banyak produsen susu yang mencoba mengimitasi zat ini, namun belum berhasil menciptakan zat serupa yang memiliki manfaat sama dengannya.

Biasanya wanita yang menjadi ibu untuk pertama kali, volume susunya baru akan meningkat sekitar tiga sampai empat hari setelah melahirkan. Tapi jika itu merupakan bayi kedua atau ketiga Anda, akan terjadi peningkatan volume susu lebih awal, sekitar dua sampai tiga hari.

Dalam peristiwa normal, susu akan berubah dan volumenya meningkat bahkan jika Anda tidak menyusui bayi. Ketika plasenta keluar, hormon yang memicu produksi susu ... Baca halaman selanjutnya