Ayah Mesti Waspada, Stres Ternyata Bisa Menular ke Anak-anak

"Studi tersebut mengungkapkan mekanisme penting di balik 'bagaimana stres ditularkan dari generasi ke generasi,' kata penulis studi senior Dr Tracy Bale di University of Pennsylvania."
Ilustrasi. (Net)

KLIKPOSITIF - Anak-anak dari ayah yang menderita stres menjadi kurang tangguh dan lebih rentan terhadap stres, demikian menurut sebuah penelitian baru.

Penelitian ini menunjukkan bagaimana bahkan stres ringan sampai sedang dapat mempengaruhi cara sperma pria berkembang. Akibatnya, ayah ini mewariskan kode genetik untuk respons hormonal yang kurang efektif terhadap stres pada anak-anak mereka.

Respon hormonal yang 'tumpul' dikaitkan dengan orang-orang yang mengalami gangguan neuropsikologis tertentu, termasuk PTSD dan autisme. Selama ini, kebanyakan penelitian tentang pengaruh gaya hidup orang tua pada anak lebih berfokus kepada ibu.

Namun para ilmuwan baru-baru ini telah memperhatikan bagaimana dampak kesehatan seorang ayah terhadap anak-anaknya. Tiga hormon utama yang dilepaskan oleh sistem saraf saat tubuh sedang dalam tekanan adalah adrenalin, kortisol dan norepinefrin. Secara kolektif, hormon ini mengirim tubuh kita ke mode 'fight atau flight', yang penting bagi kemampuan tubuh untuk mengatasi efek stres.

Studi tersebut mengungkapkan mekanisme penting di balik 'bagaimana stres ditularkan dari generasi ke generasi,' kata penulis studi senior Dr Tracy Bale di University of Pennsylvania.

Sumber: Daily Mail