Ternyata Konsumsi Makanan Rendah Kalori Dapat Mengobati Diabetes

"Jika Anda menderita diabetes, terutama diabetes tipe 2, maka sangat penting untuk tetap memeriksakan makanan yang Anda makan"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Studi baru yang dilakukan para ahli menemukan, bahwa diet kalori yang sangat rendah dapat dengan cepat mengobati diabetes tipe 2. Hasil studi ini dipublikasikan di jurnal Cell Metabolism, dan dilakukan pada tikus dan difokuskan pada pemahaman mekanisme dimana pembatasan kalori cepat membalikkan diabetes tipe 2.

Periset yang terdiri dari Universitas Yale di AS menyelidiki efek dari diet kalori sangat rendah (VLCD), terdiri dari seperempat asupan normal, pada model tikus diabetes tipe 2. "Makanan yang tinggi kalori bisa memiliki beberapa efek samping, seperti meningkatnya berat badan, resiko tekanan darah tinggi dan jenis diabetes tertentu," ujar seorang Profesor di Howard Hughes Institut Medis di AS, Gerald I Shulman.

Dengan menggunakan pendekatan isotop yang stabil (alami), para peneliti melacak dan menghitung sejumlah proses metabolisme yang berkontribusi terhadap peningkatan produksi glukosa oleh hati.

"Metode yang dikenal dengan nama PINTA, memungkinkan peneliti untuk melakukan serangkaian analisis fluks metabolik penting di dalam hati yang mungkin berkontribusi pada resistensi insulin, dan peningkatan kadar produksi glukosa oleh hati, yakni dua proses utama yang menyebabkan peningkatan konsentrasi gula darah pada penderita diabetes,"jelasnya"

Dengan menggunakan pendekatan ini, para peneliti menunjuk tiga mekanisme utama yang bertanggung jawab atas efek dramatis VLCD yang secara cepat menurunkan konsentrasi glukosa darah pada hewan diabetes.

Di hati, VLCD menurunkan produksi glukosa dengan mengurangi konversi asam laktat dan asam amino menjadi glukosa, menurunkan laju konversi glikogen hati menjadi glukosa, dan penurunan kadar lemak, yang pada gilirannya meningkatkan respons hati terhadap insulin.

"Efek positif dari VLCD ini diamati hanya dalam tiga hari. Menggunakan pendekatan ini untuk secara komprehensif menginterogasi metabolisme hati dan metabolisme lemak, kami ... Baca halaman selanjutnya