Anda Ingin Anak Gila Buku Sejak Kecil? Coba Terapkan Tips Ini

"Ketika keluar, anda bisa mengajak anak membaca rambu jalan bersama-sama atau membaca berita dari surat kabar."
ilustrasi (readingagency.org.uk)

KLIKPOSITIF - Cinta membaca adalah kebiasaan yang sangat penting untuk anak-anak agar mereka bisa memiliki kemampuan akademik yang baik. Membaca juga merupakan cara yang efektif dan murah untuk memperoleh pengetahuan baru dan dapat menjadi hobi seumur hidup yang menyenangkan. Namun meskipun banyak sekali manfaatnya, masih banyak anak-anak yang enggan membaca.

Nah, kali ini KLIKPOSITIF akan berbagi cara menanamkan rasa cinta membaca pada anak-anak, dilansir dari Awesome Kid:

(1) Bacakan buku untuk anak

Hal pertama yang anda harus lakukan adalah membaca buku untuk anak secara teratur dan menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. Ini sangat ideal untuk mulai membacakan buku-buku bagi anak ketika ia masih bayi, misalnya sebelum tidur. Bayi dan balita suka membolak-balik halaman dan melihat gambar-gambar berwarna-warni yang ada di buku.

(2) Baca bersama dengan anak

Jadikan membaca menyenangkan dengan membaca keras-keras bersama-sama atau membaca halaman alternatif dengan anak. Ketika anak-anak baru mulai membaca, kosa kata mereka mungkin terbatas. Mereka mungkin merasa frustrasi atau putus asa jika menemukan banyak kata-kata asing. Oleh karena itu secara umum, jika ada lebih dari tiga kata-kata asing pada halaman, buku ini mungkin terlalu sulit bagi anak dan anda bisa meloncat ke halaman lain atau mengganti dengan buku lain.

Untuk anak-anak yang sudah bisa membaca mandiri, membaca bersama-sama masih bisa menyenangkan dengan menyusun jadwal membaca.

(3) Sediakan pasokan buku di rumah

Punya banyak pasokan buku di rumah pasti akan mendorong anak Anda untuk membaca lebih sering karena mereka akan mudah untuk menemukan bahan bacaan.

(4) Kunjungi perpustakaan secara berkala

Buatlah jadwal kunjungan berkala ke perpustakaan. Ajak anak untuk meminjamkan buku-buku tentang topik yang menarik, misalnya dinosaurus atau ... Baca halaman selanjutnya