Sering Berkeringat Saat Cuaca Panas, Ini Cara Memininalisirnya

"Setiap orang berkeringat untuk menurunkan panas tubuh"
ilustrasi cuaca panas. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Ketika cuaca sedang panas, badan ikut menjadi panas. Setiap orang berkeringat untuk menurunkan panas tubuh. Proses biologis yang disebut termoregulasi ini normal dan terjadi pada setiap manusia.

Dengan faktor eksternal berupa cuaca panas, tubuh memerlukan waktu beberapa saat untuk terus menyesuaikan diri. Positifers mungkin akan berkeringat lebih banyak saat kepanasan karena tubuh bekerja lebih keras untuk menurunkan suhunya yang terpengaruh suhu sekitar.

Keringat mengandung air, protein dan minyak yang menjadi penyebab keringat lengket. Dalam kondisi seperti ini, keringat menguap dan meninggalkan kandungan minyak pada permukaan kulit sehingga menimbulkan rasa lengket.

Bagaimana cara mengatasinya? Lakukan beberapa tips berikut ini:

  1. Minumlah banyak air supaya tubuh bekerja lebih efektif dalam menjaga temperaturnya cukup rendah. Air tidak bisa tergantikan oleh minuman bersoda atau beralkohol untuk mencegah dehidrasi.
  2. Hindari berolah raga pada tengah hari. Kalau ingin berolah raga di luar ruangan, lakukan pada pagi hari ketika udara lebih sejuk.
  3. Kenakan pakaian berwarna cerah dan berbahan kain ringan, semisal katun dan linen. Jenis-jenis ini akan memungkinkan kulitmu bernapas dan keringat menguap sehingga mengembalikan kesejukan tubuh. 
  4. Manusia berkeringat sekitar 300 ml setiap hari melalui kedua kaki. Jika mungkin, kenakan sandal atau sandal jepit agar keringat di kaki mudah menguap.
  5. Nyalakan kipas angin untuk memutar udara yang masuk melalui jendela. Tutup gorden pada siang hari sehingga suhu di dalam rumahmu tidak naik selama kamu tidak berada di rumah.
  6. Makanan berbumbu pedas memang menyebabkan kamu berkeringat lebih banyak, namun hal ini bisa jadi malah menguntungkan dalam cuaca panas karena keringat membantumu tetap merasa sejuk.
  7. Hal yang sama ... Baca halaman selanjutnya