Cara Lezat Menjaga Tubuh Tetap Sehat

" beberapa langkah yang dapat Anda terapkan, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat:"
Kopi berkafein juga diyakini mampu meningkatkan fungsi kognitif. (pixabay)

KLIKPOSITIF - Salah satu prioritas utama dalam hidup ini adalah kesehatan. Dan makanan yang Anda konsumsi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kesehatan.

Dilansir dari laman Reader's Digest, berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda terapkan, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat:

1. Minum air lemon di pagi hari. Lemon kaya akan vitamin C, vitamin B, magnesium, kalsium dan fosfor, sehingga menjadi antioksidan yang sangat tinggi. Minum secangkir air lemon hangat di pagi hari bisa membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh, sehingga mendorong produksi asam empedu yang sangat diperlukan untuk kesehatan pencernaan. “Minum secangkir lemon hangat juga bisa meningkatkan mood di pagi hari dan menambah kebugaran tubuh,” kata Diana F. Suganda, ahli gizi.

2. Perhatikan sarapan. Jika Anda memulai hari dengan kondisi lelah dan mudah mengantuk, mungkin itu disebabkan oleh kandungan gula tinggi dalam sarapan Anda. Satu piring nasi putih (200 gram) diperkirakan mengandung 300 kilokalori. Sementara satu gelas ukuran besar teh manis mengandung sekitar 70 kilokalori. Jumlah asupan kalori dalam sarapan akan bertambah, jika lauk yang Anda santap berupa menu yang digoreng. Semakin tinggi jumlah asupan kalori dalam sarapan Anda, semakin besar kemungkinan Anda terserang rasa kantuk dan lelah sepanjang hari. Karena itu, sarapan yang baik adalah dengan memerhatikan gizi seimbang. Harus ada karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

3. Rutin minum kopi. Anda suka kopi? Para ahli kesehatan percaya bahwa fitokimia atau zat antioksidan yang terkandung dalam kopi bisa mengurangi risiko diabetes dan penyakit Parkinson. Kopi berkafein juga diyakini mampu meningkatkan fungsi kognitif. Kafein dapat menstimulasi peningkatan fungsi kerja saraf otak, meningkatkan waktu reaksi, memori, suasana hati dan kekuatan otak. Menurut Dr. Arfram Ikram, dari Erasmus Medical Centre, Rotterdam, Belanda, minum tiga hingga empat ... Baca halaman selanjutnya