Sarapan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

"Telur mengandung protein yang dibutuhkan tubuh"
Yogurt termasuk ke dalam lima makanan yang membantu menurunkan berat badan. (pixabay)

KLIKPOSITIF - Sarapan merupakan salah satu penyemangat dan menjaga Anda tetap produktiv di pagi hari hingga siang menjelang. Tak sedikit dari kita yang terkadang menganggap sarapan sebagai hal yang tak penting. Hal ini karena sarapan dianggap sedikit menghambat langkah di pagi hari.

Namun, selain mengkonsumsi sarapan sebagai penambah energi, sarapan ternyata juga mampu menurunkan berat badan Anda, terutama bagi yang sedang dalam program diet.

Dilansir dari laman Reader's Digest, untuk memaksimalkan sarapan Anda dalam membantu mencapai berat badan ideal, terdapat lima jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi di pagi hari.

1. Raspberry: Buah ini mengandung antioksidan yang tinggi. Buah-buahan jenis berry, terutama raspbery ini, menyediakan setidaknya 8 gram serat untuk tubuh, lebih banyak dari stroberi dan setara dengan konsumsi semangkuk kacang-kacangan.

Menurut Journal of Nutrition, mengonsumsi banyak serat merupakan cara mencegah kenaikan berat badan dan membantu menurunkan berat badan. Delapan gram serat untuk setiap 1,000 kalori dapat menghilangkan berat badan sebanyak 2 kg. Manfaat lainnya, mengonsumsi raspberry secara rutin dapat menurunkan risiko kanker, obesitas dan penyakit jantung, serta meningkatkan kesuburan.

2. Oatmeal: Bila Anda sangat ingin hasil efektif dari usaha penurunan berat badan Anda, tiada cara lain selain bersahabat dengan oatmeal. Ya, oatmeal atau bubur gandum dapat membantu penurunan berat badan melalui dua cara. Pertama, serat yang terkandung di dalamnya yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Kedua, dibandingkan sumber karbohidrat lain-seperti nasi dan kentang—oatmeal lebih lambat dicerna oleh tubuh.

Ini karena tekstur oatmeal yang lebih padat sehingga akan membantu tubuh membakar lemak lebih banyak saat dikonsumsi, setidaknya 3 jam sebelum berolahraga. Jenis karbohidrat dalam oatmeal tidak bersifat meningkatkan gula darah setinggi karbohidrat ... Baca halaman selanjutnya