Berapa Gelas Sebenarnya Air yang Kita Butuhkan dalam Sehari?

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum 8 gelas air per hari dan mereka yang hanya minum air ketika haus tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan."
Ilustrasi. (Net)

KLIKPOSITIF - Air memang memegang peranan besar dalam kesehatan manusia. Diketahui, sebanyak 65 persen dari tubuh manusia terdiri dari air. Kekurangan konsumsi air bisa menyebabkan dehidrasi, kelelahan, sakit kepala, pusing, nyeri di tubuh, kegagalan fungsi organ, dan bahkan kematian.

Selama ini kita sering mendengar saran untuk mengonsumsi minimal 8 gelas per hari. Benarkan demikian?

Dilansir dari boldsky.com, sebuah penelitian pada 2002 melakukan percobaan yang melibatkan beberapa orang dan membaginya ke dalam 2 kelompok. Kelompok pertama diminta untuk minum 8 gelas air per hari. Sementara kelompok yang lain hanya meminum air ketika mereka merasa haus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum 8 gelas air per hari dan mereka yang hanya minum air ketika haus tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya tidak ada aturan baku berapa jumlah air yang harus kamu minum per hari.

Menurut penelitian ini, konsumsi air putih sebenarnya didasarkan pada seberapa padat aktivitas seseorang dalam sehari-hari serta kondisi tubuh. Oleh karena itu ketahui kebutuhan tubuh dan jangan sampai terkena dehidrasi yang bisa memancing timbulnya masalah kesehatan lain.