Purwacaraka, Musisi Nasional yang Mendedikasikan Diri untuk Edukasi Musik

Purwacaraka saat mengiringi salah seorang siswa dalam konser mini kemarin.
Purwacaraka saat mengiringi salah seorang siswa dalam konser mini kemarin. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Siapa yang tak kenal maestro musik Indonesia, Purwacaraka. Pria 57 tahun ini masih tetap eksis mengedukasi anak-anak dalam bermusik, terutama dalam mengajarkan mereka bermain musik dengan hati.

Dapat melahirkan pemusik andal yang sejak dini dilatih dengan memberikan rasa yang berbeda, disebut Kang Purwa (panggilan akrab Purwatjaraka) sebagai sebuah kepuasan bagi seorang musisi. Bahkan, pianis yang sudah aral melintang di industri musik Nasional ini banyak mendedikasikan diri untuk edukasi musik.

Konsep Purwacaraka tidak hanya tentang musik, tapi juga menghilangkan sekat sosial. Juga menambah kecerdasan dan mengatur serta menyalurkan hubungan emosional bagi anak terutama yang berkebutuhan khusus.

"Kami mendukung itu dengan memberikan ruang bagi difabel bermain perkusi, karena yang terpenting menumbuhkan semangat bermusik bagi anak-anak,” tutur Founder Purwacaraka Music Studio saat menggelar konser kecil "Cerdas Bersama Musik" di Basko Hotel, Minggu kemarin.

Baca Juga

Dalam gelaran tersebut, Kang Purwa juga mencoba menghibur para peserta dan tamu undangan yang hadir. Setidaknya, 300 murid juga ikut mendemonstrasikan kebolehan dan bakatnya pada konser mini yang digagas Purwacaraka Music Studio Cabang Padang tersebut.

“Dari 93 cabang Purwacaraka Music Studio yang ada di Indonesia, rata-rata para siswa atau tamatannya bisa diperhitungkan dalam hal bermusik,” ujar Purwatjaraka.

Sementara, Kepala Purwacaraka Music Studio Cabang Padang, Rahayu Susilawati menyampaikan, agenda atau konser kecil yang digelar sebagai satu bentuk memperlihatkan potensi dari masing murid yang didampingi orangtua masing-masing.

“Kegiatan ini juga salah satu bentuk merayakan lahirnya Purwacaraka Music Studio yang jatuh pada 1 Oktober dan diharapkan tetap menjadi ruang untuk terus berkarya terutama musik,” pungkasnya. (*)

Penulis: Agusmanto