Berapa Lama Tidur yang Ideal untuk Membakar Lemak?

"tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri dengan melepaskan hormon pertumbuhan saat Anda tidur"
Sebenarnya, kunci membakar lemak sangatlah mudah, dimana Anda bisa melakukannya saat tidur. (LIGHTPOET / SHUTTERSTOCK)

KLIKPOSITIF - Bagaimana cara cepat dan terbaik menurunkan berat badan? Jika Anda mengatakan diet dan olahraga, Anda berada di jalur yang benar. Tapi ternyata, ada metode super efektif membakar lemak, dan Anda sudah melakukannya setiap hari. Sebenarnya, kunci membakar lemak sangatlah mudah, dimana Anda bisa melakukannya saat tidur.

"Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan kebanyakan orang (ketika mencoba menurunkan berat badan) tidak cukup tidur," kata Shawn Arent, direktur Pusat Kesehatan dan Kinerja Manusia di Universitas Rutgers.

Dilansir dari laman Reader's Digest, menurut National Sleep Foundation, tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri dengan melepaskan hormon pertumbuhan saat Anda tidur. Hormon tersebut merangsang sintesis otot dan protein, serta proses pemecahan lemak yang disebut lipolisis. Anda praktis bisa membakar lemak saat tidur jika Anda makan makanan satu ini di malam hari juga.

Karena hormon pertumbuhan cenderung memuncak pada malam hari, maka dengan tidur selama empat atau lima jam semalam menyebabkan Anda obesitas, terutama pada lemak perut.

Solusinya? Idealnya, Anda harus tidur tujuh sampai sembilan jam per malam agar tubuh Anda tetap terbakar saat Anda tidur.

"Tujuh sampai sembilan jam tampaknya menjadi kerangka waktu yang cukup konsisten dalam membakar lemak. Dengan kata lain, ini semacam hal bagus bagi Anda dalam mneginginkan tubuh ideal," kata Arent.

National Sleep Foundation umumnya merekomendasikan agar orang dewasa tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap malam sehingga bisa segar saat bangun di pagi hari.