Menu Sarapan untuk Kecerdasan Otak Anak

"makanan yang diklaim mampu menjaga fungsi otak anak-anak yang murah dan mudah ditemukan"
Karena kaya protein, omega-3 asam lemak, lutein dan seng, telur juga baik untuk pengembangan fungsi otak (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Kecerdasan otak anak-anak ditentukan dari asupan gizinya sehingga kita sebagai orang tua, dianjurkan untuk memperhatikan menu sarapan anak. Menu apa saja yang perlu disiapkan?

Dilansir dari laman Boldsky, berikut makanan yang diklaim mampu menjaga fungsi otak anak-anak yang murah dan mudah ditemukan.

1. Berry

Blueberry dan strawberry merupakan salah satu buah-buahan tinggi antioksidan. Antioksidan tersebut meningkatkan keterampilan kognitif dan kemampuan berpikir pada anak-anak.

Konsumsi buah ini dapat meningkatkan kekuatan memori otak anak-anak. Tak lupa, kandungan vitamin C di dalamnya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

2. Telur

Karena kaya protein, omega-3 asam lemak, lutein dan seng, telur juga baik untuk pengembangan fungsi otak. Bagi yang tidak alergi, berikan anak-anak menu sarapan telur sebelum berangkat ke sekolah.

3. Yogurt

Salah satu produk susu yang aman dikonsumsi ini merupakan sumber terbaik protein, lemak dan vitamin B. Lemak dalam yogurt diperlukan untuk mengembangkan kesehatan otak. Lemak ini juga membuat selaput otak fleksibel dan membantu dalam transfer pesan saraf.

4. Ikan

Seekor ikan mengandung omega-3 asam lemak dan vitamin D. Nutrisi ini melindungi kemampuan kognitif anak dan mencegah kehilangan memori.

Pilihlah ikan tuna, salmon dan sarden untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak. Terlebih, asam lemak omega-3 sangat penting untuk menjaga fungsi kognitif dan perkembangan otak mereka.

5. Oatmeal

Segenggam oatmeal kaya akan serat dan protein, yang membantu menjaga arteri otak dan jantung. Menurut sebuah studi, anak-anak yang mengonsumsi oatmeal lebih cepat memecahkan masalah. Juga, makan oatmeal menyediakan dorongan energi yang cepat untuk anak-anak.