Ini Dampak Negatif Terlalu Lama Menitipkan Anak

"Stres di usia muda ini dapat mengubah cara otak balita berkembang, membuat mereka menjadi lebih pemalu, dan memiliki kontrol diri yang rendah. "
Ilustrasi. (Net)

KLIKPOSITIF - Anak-anak yang menghabiskan waktu terlalu lama di tempat penitipan anak rentan terhadap stres yang bisa membuat mereka pemalu di kemudian hari.

Sebuah studi telah menemukan bahwa tingkat stres balita di penitipan anak sekitar sepertiga lebih tinggi daripada anak-anak yang tinggal di rumah. Sementara anak-anak yang tinggal di rumah dengan orang tua menjadi lebih rileks.

Anak-anak yang menghabiskan lebih dari delapan jam di tempat penitipan anak adalah yang paling stres, berdasarkan sampel air liur yang diambil oleh para peneliti dan diuji kadar hormon stres kortisol. 
Sebuah studi menunjukkan hal ini terjadi karena mereka merindukan orang tua dan memiliki konflik dengan anak-anak lainnya.

Stres di usia muda ini dapat mengubah cara otak balita berkembang, membuat mereka menjadi lebih pemalu, dan memiliki kontrol diri yang rendah. Tetapi kabar baik bagi orangtua yang bekerja adalah bahwa mereka dapat mengatasi beberapa efek buruk ini dengan menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak setelah pulang kerja.

Penelitian oleh Universitas Sains dan Teknologi Norwegia ini meneliti 112 anak-anak berusia sekitar satu tahun sampai 18 bulan. Penulis utama Profesor Mary Britt Drugli mengatakan: "Anak-anak kecil yang tidak kompeten secara sosial dan tidak memiliki kemampuan bahasa yang baik menderita stres di tempat penitipan anak."

Sumber: Dailymail