Pria Mesti Tahu Faktor-faktor Penyebab Impotensi Ini

"Namun beberapa kasus mengungkapkan bahwa ada lelaki yang mengalami impotensi dini sebelum usia 40 tahun."
Ilustrasi. (Net)

KLIKPOSITIF - Impotensi bisa dikatakan sebagai momok paling menakutkan bagi kaum lelaki. Impotensi adalah ketidakmampuan organ seksual pria untuk ereksi maupun melakukan ejakulasi. Saat seorang pria impotensi, bukan berarti dia tidak punya nafsu untuk berhubungan seksual, namun ia tak dapat memfungsikan organ intim untuk menyalurkan hasratnya.

Di dunia ini, sekitar 50% lelaki usia 40-70 tahun mengalami impotensi. Namun beberapa kasus mengungkapkan bahwa ada lelaki yang mengalami impotensi dini sebelum usia 40 tahun. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab impotensi pada lelaki. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Gangguan sistem endokrin

Diabetes adalah contoh penyakit endokrin yang bisa menyebabkan seseorang mengalami impotensi. Penyakit diabetes memengaruhi kemampuan tubuh untuk memanfaatkan hormon insulin. Salah satu efek samping yang terkait dengan diabetes kronis adalah kerusakan saraf. Hal ini mempengaruhi kinerja organ intim lelaki.

2. Gangguan saraf

Kelainan neurologis yang terkait dengan impotensi meliputi penyakit alzheimer, parkinson, tumor otak atau penyakit tulang belakang, stroke, epilepsi lobus temporal, orang yang telah menjalani operasi kelenjar prostat, dan lain-lain. Para pesepeda jarak jauh juga berisiko alami impotensi sementara karena ada tekanan berulang pada pantat dan alat kelamin yang bisa mempengaruhi fungsi saraf.

3. Sedang minum obat tertentu

Beberapa resep obat tertentu dari dokter memang dapat menyebabkan efek samping impotensi. Berikut jenis obatnya: tamsulosin (Flomax), carvedilol (Coreg), metoprolol (Lopressor), alprazolam (Xanax), diazepam (Valium), codeine, obat stimulasi saraf seperti cocaine atau amphetamines, furosemide (Lasix), spironolactone (Aldactone), obat kemoterapi seperti cimetidine (Tagamet), obat hormon seperti leuprolide (Eligard).

4. Penyakit yang berhubungan dengan jantung

Tekanan darah tinggi dan kolestrol adalah salah ... Baca halaman selanjutnya