7 Gejala Kanker Ini Harus Anda Waspadai

"Jika kanker sudah menyebar, maka tanda-tanda berikut ini akan muncul di berbagai bagian tubuh."
Ilustrasi (Welstand)

KLIKPOSITIF - Positifers, ternyata tubuh kita juga bisa menunjukkan gejala dari adanya penyakit kanker, lho. Hal ini karena tubuh manusia terbentuk dengan sempurna, sehingga bisa menunjukkan gejala tertentu ketika ada yang tidak beres pada metabolisme tubuh.

Jika kanker sudah menyebar, maka tanda-tanda berikut ini akan muncul di berbagai bagian tubuh. Berikut ini ada beberapa gejala kanker yang dilansir dari Boldsky yang harus Anda ketahui:

1. Neoplasma Kulit
Neoplasma dianggap sebagai tanda kanker payudara. Gejala ini ditandai dengan adanya benjolan keras di payudara atau ketiak, iritasi atau ruam, perubahan bentuk lainnya pada kulit.

2. Batuk Tak Kunjung Berhenti
Batuk yang berpanjangan adalah gejala kanker paru-paru. Ini terjadi bersamaan dengan gejala seperti penurunan nafsu makan dan penurunan berat badan secara mendadak. Pada tahap selanjutnya, kanker paru-paru juga bisa menyebabkan batuk darah dan sesak napas.

3. Gatal pada Kulit:
Ruam pada kulit tidak selalu disebabkan oleh tumor; Tapi dalam kasus ini, neoplasma uterus dapat menyebabkan gatalnya kelamin. Bahkan, kanker otak bisa memicu gatal di lubang hidung.

4. Perubahan Fungsi Usus
Kanker di daerah usus dapat menyebabkan gejala seperti adanya darah pada kotoran saat buang air besar, sekresi (Nyeri saat buang air kecil), hingga buang air besar secara spontan.

5. Sekresi:
Ini mungkin pertanda kanker ginjal yang juga terkait dengan gejala seperti pendarahan saat kencing, hipertensi, nyeri pada ginjal dan kelemahan kronis.

6. Penurunan Berat Badan Tanpa Sebab
Penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa terjadi bila Anda menderita kanker perut. Beberapa gejala yang mengikuti adalah jijik terhadap daging, satiasi dini, anemia dan kesulitan dalam pergerakan makanan melalui perut.

7. ... Baca halaman selanjutnya