Bagaimanakah Cara Menyikat Gigi yang Benar?

"Sikat gigi saja tidak akan dapat membersihkan semua kotoran pada gigi sepenuhnya."
Ilustrasi (Vemale.com)

KLIKPOSITIF - Positifers, menggosok gigi dengan cara yang benar adalah hal penting untuk menjaga kesehatan mulut. Namun apa jadinya jika kebiasaan menyikat gigi yang Anda lakukan selama ini ternyata malah merusak gigi dan melukai gusi Anda?

Nah, berikut ini kesalahan selama menyikat gig yang harus Anda ketahui menurut ahli kesehatan:

1. Menyikat Gigi Terlalu Keras:
Saat Anda menyikatkan sikat gigi terlalu keras, hal itu tidak akan membersihkan gigi Anda dengan sempurna, karena endapan gigi tidak dilepas dengan benar. Sehingga bisa menyebabkan kerusakan gusi.

2. Tidak Memperhatikan Makanan Yang Anda Makan:
Anda pastinya sudah mengetahui bahwa makanan manis dapat menyebabkan gig berlubang. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan apa Anda makan, seperti makanan yang mengandung kalsium, fosfor dan flourin yang terdapat pada susu, buah-buahan, sayur, ikan, sereal, dan lain-lain.

3. Anda Tidak Menggunakan Pembersih Gigi Tambahan:
Sikat gigi saja tidak akan dapat membersihkan semua kotoran pada gigi sepenuhnya. Karenanya, Anda juga harus membersihkan celah antara gigi dengan benang gigi. Jika celahnya cukup lebar, maka Anda bisa memanfaatkan sikat interdental. Selain itu, Anda juga bisa membilas mulut dengan obat kumur.

4. Kami Tidak Merawat Gusi:
Jika gusi Anda lemah, maka Anda tidak akan memiliki cukup suplai darah sehingga dapat menyebabkan terjadinya periodontitis. Penyakit ini menyebabkan gusi Anda berdarah, bahkan bisa menjadi meradang dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya pada mulut Anda.

5. Anda Tidak Membersihkan Karang Gigi:
Karang gigi adalah kondisi dimana adanya mineral yang mengeras dari air liur dan makanan yang menumpuk menjadi plak di sekitar gigi. Plak gigi juga bisa menyebabkan penyakit periodontal. Oleh karena itu, harus segera Anda bersihkan.

6. Penggunaan ... Baca halaman selanjutnya