Ternyata Kacang-Kacangan Dapat Hindari Resiko Diabetes dan Obesitas

"Jika Anda ingin mengonsumsi kacang saat jam makan, maka jadikan itu sebagai makanan pengganti dari produk hewani"
Ilustrasi (Tokopedia)

KLIKPOSITIF - Studi terbaru ini yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition menemukan bahwa, konsumsi kacang-kacangan saat jam makan cendrung dapat menghindari pertambahan berat badan dan menurunkan resiko kelebihan berat badan.

"Kacang kaya akan sumber energi, lemak baik, protein, vitamin, mineral dan fitokimia. Jika Anda ingin mengonsumsi kacang saat jam makan, maka jadikan itu sebagai makanan pengganti dari produk hewani seperti daging. Itu sudah cukup untuk menyehatkan Anda," ujar Senior Investigator & Director di Loma Linda University di California, Joan Sabate.

Menurut penelitian, kacang-kacangan seperti kacang almond, hazelnut, pistachio, kenari dan kacang tanah dapat membantu mengurangi berat badan dan menurunkan risiko obesitas.

Untuk penelitian ini, tim riset mengevaluasi data diet dan gaya hidup pada 373.000 individu di 10 negara Eropa dengan rentang usian antara 25 dan 70 tahun.

Selama penelitian, para periset menemukan bahwa, orang yang makan kacang tidak hanya memiliki sedikit penambahan berat badan daripada rekan mereka yang tidak patuh, namun mereka juga menikmati lima persen lebih rendah risiko menjadi obesitas.

Banyak orang berasumsi bahwa kacang-kacangan merupakan makanan padat lemak, sehingga tidak menjadi pilihan tepat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun, temuan tersebut bertentangan dengan asumsi tersebut.

Sumber: www.Boldsky.com