Ini 6 Tips untuk Melindungi Anda dari Penyakit Malaria

"Gejala malaria mirip dengan gejala flu biasa"
Ilustrasi (Boldsky)

KLIKPOSITIF - Positifers, Anda mungkin sudah mengetahui tentang bahaya penyakit malaria yang bisa sebabkan kematian. Sekedar mengingatkan, malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dari manusia dan hewan lain yang disebabkan oleh protozoa parasit (sekelompok mikroorganisme bersel tunggal) dalam tipe Plasmodium.

Gejala malaria mirip dengan gejala flu biasa. Penderita mengalami demam, menggigil, nyeri otot persendian dan sakit kepala. Penderita mengalami mual, muntah, batuk dan diare. Gejala khas malaria adalah adanya siklus menggigil, demam dan berkeringat yang terjadi berulang ulang. Pengulangan bisa berlangsung tiap hari, dua hari sekali atau tiga hari sekali terggantung jenis malaria yang menginfeksi. Gejala lain warna kuning pada kulit akibat rusaknya sel darah merah dan sel hati.

Nah, berikut ini ada beberapa tips menurut ahli kesehatan yang bisa Anda ikuti untuk terhindari dari penyakit malaria, terutama di musim hujan saat ini:

1. Tinggal di Daerah Sedikit Populasi Nyamuk:
Hindari tidur di luar di daerah di mana nyamuk cenderung berkembang seperti ban, danau, tempat pembuangan limbah, dan lain-lain. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah malaria.

2. Gunakan Kelambu Saat Tidur:
Sebelum tidur, periksa apakah kelambu Anda tidak rusak dan telah dipastikan terselip di bawah kasur dengan rapi. Gunakan juga kelambu/jaring tambahan yang ditempelkan pada jendela dan pintu.

3. Gunakan Obat Nyamuk:
Gunakan semprotan serangga yang berisi piretroid di rumah dan area Anda akan tidur, terutama pada malam hari.

4. Gunakan Pakaian Berlengan Panjang:
Kenakan baju dengan lengan panjang dan celana panjang di malam. Karena semakin sedikit kulit yang terbuka, maka Anda akan lebih aman dari serangan gigitan nyamuk.

5. Gunakan Tabir Surya/Lotion Nyamuk:
Gunakan lotion nyamuk saat ... Baca halaman selanjutnya