Menstruasi Terjadi 2 Kali dalam Sebulan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

"Penurunan berat badan atau penambahan berat badan dapat menyebabkan terjadinya kelainan siklus haid"
Ilustrasi (Deherba.com)

KLIKPOSITIF - Pada wanita, siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama. Karena ada juga wanita yang memiliki siklus menstruasi yang terjadi dua kali dalam sebulan, tapi ini tidak berarti ada yang tidak beres dengan Anda.

Nah, berikut ini ada beberapa alasan yang menyebabkan terjadinya dua kali dalam sebulan dilansir dari Boldsky:

1. Perubahan Berat:
Penurunan berat badan atau penambahan berat badan dapat menyebabkan terjadinya kelainan siklus haid. Bagi beberapa wanita, hal itu dapat menyebabkan periode menstruasi yang lebih lama, sementara wanita lainnya beresiko mengalami siklus menstruasi dua kali dalam sebulan.

2. Masalah Tiroid:
Fungsi tiroid yang rendah ada juga hubungannya dengan siklus menstruasi. Dua hormon utama yang mengendalikan siklus menstruasi Anda adalah progesteron dan estrogen. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar tiroid, itu sebabnya mengapa masalah tiroid dikaitkan dengan periode menstruasi yang tidak teratur.

3. Perubahan Kontrasepsi:
Perubahan kontrasepsi yang biasa digunakan bisa menyebabkan terjadinya dua kali periode mentruasi dalam sebulan. Jika Anda baru saja berhenti menggunakan pil atau mengganti pil kontrasepsi Anda, hal itu akan menjadi alasan mengapa Anda mengalami dua kali periode menstruasi dalam sebulan.

4. Fibroid Uterine atau Kista:
Fibroid uterus dapat menyebabkan terjadinya pendarahan karena adanya pembekuan darah di antara masa periode yang biasanya. Hal ini dapat menyebabkan tubuh mengalami periode menstruasi yang tidak tetap dalam sebulan.

5. Stres:
Tingkat stres yang lebih tinggi dikaitkan dengan terjadinya kelainan siklus haid. Ini bukan berarti bahwa stres dapat membuat terjadinya dua kali periode menstruasi dalam sebulan, tapi ini adalah salah ... Baca halaman selanjutnya