Ini yang Harus Anda Perhatikan Saat Mengonsumsi Obat

"Anda harus mengetahui bahwa ternyata obat bisa menjadi racun saat Anda mengabaikan beberapa hal yang menurut Anda sepele namun berakibat berbahaya ini"
Ilustrasi (detikHealth)

KLIKPOSITIF - Positifers, Anda pastinya sudah tahu bahwa dibuatnya obat bertujuan untuk mengobati atau meringankan penyakit. Meskipun obat rasanya berbagai macam rasa, bahkan pahit sekalipun, tapi demi kesehatan maka orang tak akan segan mengonsumsinya.

Namun Anda harus mengetahui bahwa ternyata obat bisa menjadi racun saat Anda mengabaikan beberapa hal yang menurut Anda sepele namun berakibat berbahaya ini. Berikut ini aada beberapa sebab mengaba obat dapat menjadi racun dilansir dari idntimes:

1. Konsumsi dengan Dosis yang Salah
Positifers, saat Anda berobat ke dokter, Anda pastinya diberi obat oleh dokter lalu dokter akan menjelaskan tentang berapa dosis yang seharusnya Anda konsumsi dalam jangka waktu tertentu. Nah, ternyata jika Anda tidak mengikuti petunjuk dokter untuk mengonsumsi obat sesuai dengan dosis yang telah ditetapkannya, maka obat itu akan menjadi berbahaya untuk tubuh Anda lho, Positifers! Oleh karena itu, Anda jangan abaikan petunjuk dokter mengenai dosis obat yang diberikannya pada Anda, ya!

2. Efek Samping Obat
Nah, ini juga harus Anda waspadai saat harus mengonsumsi obat. Yang harus di garis bawahi ialah semua obat yang masuk dalam tubuh pasti punya pengaruh, dan efek obat itu ada 2 macam: efek terapi (efek yang diinginkan) dan efek samping (efek yang tidak diinginkan). Salah satu efek samping obat adalah mengantuk, saat Anda merasa pusing dan harus pergi ke suatu acara dan kegiatan dengan kendaraan, maka untuk menghilangkan rasa pusing Anda mengonsumsi suatu obat. Namun Anda lupa atau tidak mengetahui bahwa efek samping obat itu adalah mengantuk, sedangkan Anda harus mengemudikan kendaraan, yang mana jika dipaksakan Anda akan beresiko mengalami kecelakaan! M

Efek samping dari obat tidak mengantuk saja, namun ada beberapa efek samping lainnya pada Anda yang harus Anda tahu. Karena itu, saat Anda mendapatkan obat dari dokter, maka Anda harus ... Baca halaman selanjutnya