Positifers, Hindari Makanan Penyebab Anda Kentut dan Bersendawa Ini

"hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti tertelannya gas saat kita tengah makan dengan terburu-buru "
Ilustrasi (Boldsky)

KLIKPOSITIF - Positifers, salah satu hal yang paling memalukan yang bisa terjadi pada seseorang adalah bersendawa atau terkentut saat berada di keramaian. Setiap orang tidak bisa menghindari hal ini karena itu adalah hal alami yang terjadi pada tubuh manusia.

Apa sih sebenarnya penyebab kentut atau sendawa? Nah, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti tertelannya gas saat kita tengah makan dengan terburu-buru atau makanan belum sepenuhnya tercerna dengan baik oleh bakteri di usus kita.

Namun tahukah Anda, hal itu tidak akan terjadi jika kita bisa menghindari makanan yang menjadi penyebab munculnya dua hal tersebut. Berikut ini ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan munculnya gas dalam tubuh, sehingga menyebabkan perut kembung yang mengeluarkan gas atau kentut:

1. Bawang:
Dengan menghindari konsumsi bawang dalam jumlah yang terbatas dapat menyebabkan berkurangnya pembentukan gas di perut Anda. Mau tau kenapa? Hal ini karena bawang mengandung sekelompok gula seperti fruktosa yang tidak bisa diserap dengan baik di usus halus. Akibatnya, saat menuju usus besar, pembentukan gas terjadi sehingga mengacaukan proses pencernaan.

2. Makanan Mengandung Tepung:
Mengkonsumsi makanan bertepung seperti pasta dan roti bisa menjadi penyebab terjadinya pengumpulan gas di saluran pencernaan Anda. Kenapa? Makanan jenis ini dipecah menjadi gula dengan cepat, sehingga tidak mudah diserap oleh usus kecil. Akibatnya, mereka bisa masuk ke usus besar dan dipecah menjadi bakteri penghasil gas.

3. Kembang Kol:
Kembang kol adalah sayuran cruciferous. Sayuran ini termasuk dalam Kingdom Brassicaceae yang dapat menyebabkan perut kembung sehingga adanya pembentukan gas. Makanan ini juga kaya akan senyawa sulfur dan oligosakarida yang menyebabkan terbentuknya gas berbau busuk dan akan dilepaskan saat dikonsumsi dalam jumlah besar.

4. ... Baca halaman selanjutnya