Riset: ASI Bisa Membunuh Bakteri Antibiotik pada Tubuh

"Karena baru diketahui, ASI dapat melawan bakteri yang ada pada tubuh manusia tidak terbatas usia"
Ilustrasi (lifestyle Okezone)

KLIKPOSITIF - Penelitian terbaru yang dilakukan ahli kesehatan mengungkapkan bahwa Air Susu Ibu (ASI) tidak hanya berfungsi sebagai pertahanan pertama bayi yang baru lahir untuk melawan sejumlah besar infeksi dan penyakit fatal. Karena baru diketahui, ASI dapat melawan bakteri yang ada pada tubuh manusia tidak terbatas usia.

Peneliti tersebut berasal dari tim ilmuwan ahli Universitas Vanderbilt, yang berfokus pada sifat yang tidak pernah dipelajari sebelumnya dari ASI dan menemukan bahwa ASI efektif melawan antimikroba yang resisten terhadap Streptokokus Kelompok B yang bertanggung jawab atas infeksi neonatal yang fatal seperti pneumonia, sepsis dan meningitis.

Sebelumnya, penelitian tentang ASI hanya berfokus pada manfaat luar biasa dari menyusui dan imunoglobulin padanya, sehingga melupakan untuk melakukan penelitian pada komponen karbohidrat ASI.

Itulah sebabnya para periset di Vanderbilt, yang dipimpin oleh Dr. Steven Townsend, seorang spesialis kimia glikoprotein, tertarik untuk mengeksplorasi fungsi ASI ibu menyusui.

Untuk mempelajari hal ini, tim mengumpulkan 5 sampel ASI yang berbeda dari ibu menyusui secara sukarela dan kemudian mengekstrak gula oligosakaridanya, serta mengidentifikasinya dengan spektrometri massa.

Senyawa ASI ini akhirnya diperkenalkan pada komunitas berkembang kelompok B Streptococci untuk mempelajari efek ASI pada bakteri, dan hasil pengamatannya sungguh mencengangkan.

Sementara, semua sampel ASI tidak dapat membunuh bakteri bakteri, 2 sampel efektif dalam mengacaukan kumpulan bakteri agregat (disebut biofilm), yaitu bagaimana Streptococci melindungi dirinya dari serangan antibiotik.

Jadi para peneliti memutuskan, untuk menguji keefektifan ASI dalam menghancurkan koloni bakteri saat digunakan bersamaan dengan peptida antimikroba yang ditemukan pada air liur manusia. Peneliti menemukan bahwa begitu ASI berhasil mengganggu bakteri biofilm, antibiotik ... Baca halaman selanjutnya