Ini Sebabnya Mengapa Adanya Rasa Perih di Sekitar Anus Anda

"Jika Anda tidak mencuci daerah anus dengan benar setelah buang air besar, bakteri yang tinggal di sisa-sisa tempat keluar kotoran dapat membuat iritasi kulit. "
Ilustrasi (Boldsky)

KLIKPOSITIF - Adanya rasa sensasi perih/terbakar di anus sangat memalukan sekaligus sebagai kondisi yang menyakitkan dan bisa mengganggu Anda. Nah, kenapa sebenarnya ada rasa seperti sensasi terbakar di sekitar anus terjadi? Rasa itu akan dimulai dengan dorongan untuk menggaruk bagian bawah tubuh, yakni bokong.

Secara bertahap, Anda mungkin melihat gejala lain tergantung pada apa yang menyebabkan kondisi tersebut. Nah, berikut ini beberapa penyebab dibalik timbulnya rasa sensasi terbakar pada anus:

1. Tidak Menjaga Kebersihan
Inilah salah satu alasan utama dibalik munculnya rasa terbakar di anus. Jika Anda tidak mencuci daerah anus dengan benar setelah buang air besar, bakteri yang tinggal di sisa-sisa tempat keluar kotoran dapat membuat iritasi kulit. Hal inilah salah satu penyebab sensasi terbakar di anus.

2. Keringat
Bila sisa-sisa keringat dan tinja tertinggal di kulit dekat anus, hal itu pasti akan menimbulkan sensasi terbakar. Apakah menurut Anda pembersihan daerah sekitar sana secara berlebihan itu aman? Tidak, bahkan terlalu banyak pembersihan bisa mengiritasi kulit anal sensitif. Selain itu, menggosok secara berlebihan dan menggunakan banyak sabun di daerah sana bisa membuat daerah itu menjadi terlalu kering.

3. Makanan Pedas
Inilah salah satu alasan dibalik sensasi terbakar di sekitar anus. Jika Anda merasakan sensari terbakar pada anus Anda setelah buang air besar, maka Anda bisa mencurigai makanan yang telah Anda makan baru-baru ini. Makanan pedas atau makanan yang terlalu asam bisa menyebabkan sensasi terbakar pada anus Anda.

4. Wasir
Bila pembuluh darah di daerah anus/dubur membengkak dan meradang, hal ini bisa menyebabkan munculnya sensasi terbakar. Rasa sakit dan gatal juga menyertai hal ini mengikuti. Bahkan pendarahan saat buang air besar pun bisa terjadi. Konsultasikan dengan dokter jika Anda melihat ... Baca halaman selanjutnya