Makanan Ini Bisa Bantu Anda Mengatasi Masalah Pencernaan

"Flora usus ini mengandung jutaan mikroorganisme yang bisa memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan Anda"
Ilustrasi (Boldsky)

KLIKPOSITIF - Positifers, tahukah Anda bagaimana cara meningkatkan kesehatan usus Anda? Nah, ada banyak orang yang tak menyadari bahwa kesehatan usus juga ditentukan oleh flora usus yang terdapat dalam ususnya. Tapi apa itu flora usus?

Flora usus adalah bakteri, ragi, dan jamur yang tumbuh normal dalam usus. Bakteri-bakteri yang menghuni usus manusia dinamakan bakteri saluran usus. Mereka hidup bersama dengan mikroba lain secara kolektif. Flora usus ini mengandung jutaan mikroorganisme yang bisa memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan Anda.

Berikut ini ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kesehatan usus Anda:

1. Yogurt
Yoghurt dapat menjaga keseimbangan bakteri sehat dalam usus. Ini karena yogurt bisa mengendalikan pencacah dan mencegah adanya masalah pencernaan juga. Namun jika Anda tidak bisa konsumsi yogurt, Anda bisa menggantinya dengan susu kedelai.

2. Kefir
Ini adalah minuman sehat yang lembut dan lezat. Minuman ini mengandung probiotik yang dapat meningkatkan flora usus.

3. Keju
Keju Cheddar dan Swiss mengandung asam laktat. Bahkan keju cottage adalah makanan yang baik untuk bakteri usus.

4. Kimchi
Ini adalah hidangan Korea yang berisi kubis yang telah mengalami fermentasi. Makanan ini mengandung vitamin A, C, B2, B2 dan beta karoten.

5. Acar
Anda bisa merasakan manfaat dari acar yang dapat meningkatkan kesehatan flora usus Anda. Namun usahakan untuk konsumsi acar segar, bukan acar yang kebanyakan dijual orang yang telah menggunakan pengawet, pemanis buatan dan bahan kimia lainnya.

6. Asinan Kubis
Ini adalah hidangan fermentasi yang membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan ini juga menawarkan vitamin dan meningkatkan pencernaan.

7. Coklat Hitam
Cokelat hitam ... Baca halaman selanjutnya