Jaga Tingkat Kolesterol Anda dengan Cara Ini

"Almond bekerja dengan mengumpulkan kolesterol dari jaringan, seperti arteri, dan membantu mengangkutnya keluar dari tubuh"
Almond bekerja dengan mengumpulkan kolesterol dari jaringan, seperti arteri, dan membantu mengangkutnya keluar dari tubuh. (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Sebuah penelitian baru menemukan bagaimana segenggam almond setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sekaligus memperbaiki fungsinya. Penelitian ini dipublikasikan di Journal of Nutrition.

Periset dari Pennsylvania State University di AS membandingkan tingkat dan fungsi high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik pada orang-orang yang makan kacang almond setiap hari, ke tingkat HDL dan fungsi dari kelompok orang yang sama saat mereka makan muffin.

Dilansir dari laman Boldsky, Almond bekerja dengan mengumpulkan kolesterol dari jaringan, seperti arteri, dan membantu mengangkutnya keluar dari tubuh. Selama penelitian, para peneliti memberi makan 48 pria dan wanita dengan peningkatan kolesterol LDL yang berpartisipasi dalam dua periode diet enam minggu.

Di kedua, makanan mereka identik kecuali camilan harian. Pada diet almond, peserta menerima 43 gram - sekitar segenggam kacang almond sehari. Selama masa kontrol, mereka menerima muffin pisang sebagai gantinya. Pada akhir setiap periode diet, para peneliti mengukur tingkat dan fungsi kolesterol HDL masing-masing peserta.

Mereka kemudian membandingkan hasilnya dengan pengukuran dasar peserta yang diambil pada awal penelitian. Para periset menemukan bahwa dibandingkan dengan diet kontrol, diet almond meningkatkan HDL-1 - saat partikel berukuran terbesar dan paling matang - dengan 19 persen. Selain itu, diet almond meningkatkan fungsi HDL sebesar 6,4 persen, pada peserta dengan berat badan normal.