Ini yang Terjadi Pada Otak Jika Anda Cukup Tidur

"Tidur meningkatkan kewaspadaan, pengisian neurotransmitter yang mengatur jaringan saraf di otak. "
ilustrasi (shutterstock)

KLIKPOSITIF - Bagi Anda yang selama ini sering kurang tidur, ada baiknya menghentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, saat Anda kurang tidur, fungsi kognitif otak akan menurun ke tingkat yang jauh dari ideal.

Itu membuat Anda sangat sulit melalui hari-hari. Kondisi ini secara serius akan memengaruhi suasana hati, memori dan sebagainya.

Nah, penasaran apa saja manfaat tidur cukup untuk otak? Berikut pemaparannya seperti dilansir laman Care2:

1. Mengurangi risiko Alzheimer dan demensia

Tidur kurang dari lima jam setiap malam bisa menyebabkan penumpukan beta-amyloid, sebuah protein beracun yang membentuk plak berbahaya di otak yang berhubungan dengan penyakit alzheimer dan demensia. Nah, tidur tujuh jam setiap malam bisa mengurangi risiko ini.

2. Membuat otak lebih kuat

Tidur meningkatkan kewaspadaan, pengisian neurotransmitter yang mengatur jaringan saraf di otak. Jaringan ini sangat penting tidak hanya untuk memori, tetapi juga untuk belajar, kinerja mental dan pemecahan masalah.

3. Memberikan waktu otak untuk detoksifikasi

Tidur membantu menjernihkan otak dengan membilas racun, termasuk protein berbahaya yang menumpuk selama melakukan aktivitas sehari-hari. Otak memiliki sistem drainase berdasarkan pergerakan cairan serebrospinal melalui saluran yang mengelilingi pembuluh darah. Proses ini dikelola oleh sel-sel khusus di otak (sel glial) yang bernama brain glymphatic system.

4. Menjaga tetap bahagia

Kurang tidur dapat memicu stress yang berkaitan dengan rendahnya kadar hormon DHEA. Tanpa hormon DHEA yang cukup, sulit bagi Anda untuk mengalami kebahagiaan dalam menjalani rutinitas sehari-hari.