Hindari Makanan Ini Saat Anda Terkena Diare

"Kafein menghambat tubuh untuk menyerap makanan yang Anda konsumsi"
Ilustrasi (sehatplan.com)

KLIKPOSITIF - Positifers, terkena diare adalah hal yang bisa membuat Anda kesal, karena  Anda akan sering pergi ke wc disebabkan kondisi perut Anda yang sangat tidak nyaman dan mengganggu. Selain itu, Diare akan mengeluarkan cairan tubuh sehingga Anda menjadi lemah dan tak berdaya.

Nah berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang harus Anda hindari saat Anda terkena diare:

1. Kafein:
Meskipun sulit untuk menjalani hari tanpa minuman berkafein seperti teh atau kopi, tapi sebaiknya Anda menghindari minuman ini karena dapat memperburuk gejala diare. Hal ini terjadi karena Kafein menghambat tubuh untuk menyerap makanan yang Anda konsumsi. Sehingga akan ada serangan mendadak pada usus yang membuat makanan bergerak lebih cepat daripada biasanya. Akibatnya, makanan tidak berfungsi dengan benar di dalam tubuh.

2. Alkohol:
Terlalu banyak konsumsi alkohol bisa mengacaukan organ di perut Anda! Karena alkohol dapat menyebabkan iritasi usus dan menurunkan kemampuannya dalam menyerap air.

3. Makanan Pedas:
Tingkat toleransi makanan pedas dapat bervariasi dari individu ke individu. Tapi sebenarnya makanan pedas berperan penting membuat Anda lebih menderita saat Anda mengonsumsinya dalam keadaan terkena diare. Karena makanan ini dapat dengan mudah mengiritasi lapisan dalam perut dan usus. Sehingga menyebabkan makanan bergerak dengan cepat tanpa melalui pencernaan yang tepat, sehingga memperparah diare. Apalagi bila Anda tidak terbiasa mengonsumsinya karena dapat membuat Anda dengan mudah merasakan sensasi terbakar di daerah usus.

4. Kubis dan Kembang Kol:
Sayuran tertentu harus Anda jauhi saat Anda menderita diare, beberapa di antaranya adalah kubis dan kembang kol. Karena sayuran yang disebutkan di atas dapat menyebabkan perut kembung yaitu akumulasi gas di saluran pencernaan.

5. Pemanis ... Baca halaman selanjutnya