Ternyata Langsung Minum Setelah Makan Dapat Menimbulkan Masalah Kesehatan Ini

"Waktu yang ideal untuk minum air adalah setengah jam sebelum dan sesudah Anda makan. "
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Hampir semua orang minum air setelah selesai makan dan minum dengan banyak hingga puas. Tapi tahukah Anda bahwa hal itu bisa menimbulkan masalah seperti masalah pencernaan dan kenaikan kadar gula darah?

Ahli kesehatan menyatakan bahwa minum air putih setelah makan bisa menjadi kebiasaan buruk yang mempengaruhi kesehatan pencernaan kita.

Dilansir dari Boldsky, perut kita tahu kapan kita akan makan, pada saat itu ia mulai mengeluarkan cairan pencernaan yang disebut Agni. Namun jika minum air setelah makan, maka air minum ini akan mengencerkan cairan pencernaan ini, sehingga dapat menyebabkan cairan itu tidak lagi menghancurkan partikel makanan.

Yuk, cari tahu kenapa Anda harus berhenti minum air putih setelah makan.

1) Kembung:
Minum air putih segera setelah makan akan melemahkan efektifitas kerja dari Agni dan akan mengakibatkan makanan yang dikonsumsi menjadi tidaksehat. Akibatnya, makanan ini menghasilkan gas hingga menyebabkan perut kembung.

2) Masalah Pencernaan:
Jika Anda langsung minum setelah selesai makan, maka makanan yang dicerna dalam tubuh akan mengalami kesulitan saat melewati usus besar. Hal ini-lah yang menyebabkan sembelit, gasritis, maag dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, jika tidak segera diatasi, hal ini dapat menyebabkan masalah yang lebih besar lagi pada kesehatan pencernaan Anda.

3) Asam Lambung:
Saat Anda minum air putih setelah makan, asam lambung akan encer. Makanan yang tidak tercerna dengan sempurna dalam usus, bisa menyebabkan perut Anda memproduksi zat asam secara berlebih untuk mencernanya. Hal ini dapat menyebabkan asam lambung.

4) Meningkatkan Kadar Gula Darah:
Masalah utama lainnya yang disebabkan oleh makanan yang tidak tercerna adalah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Ada lonjakan kadar gula darah yang meningkat saat makanan ... Baca halaman selanjutnya