Ladies, Maskara Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah Lho!

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Mascara adalah salah satu produk make up mata yang penting, karena dapat membantu membuat mata Anda tampak lebih indah. Mascara umumnya digunakan oleh sebagian besar wanita, karena dapat membantu meningkatkan penampilan dan juga membuat bulu mata Anda tampak berkilau.

Satu hal yang harus Anda ingat saat memilih maskara adalah, produk mascara yang digunakan seharusnya tidak mengandung sejumlah besar zat kimia.

Nah, jika Anda tidak suka menggunakan mascara yang dijual di pasaran, Anda juga bisa membuatnya di rumah.

Baca Juga

Ya, Dilansir dari Boldsky, mascara juga bisa dibuat di rumah dan ada beberapa resep mudah untuk membuat maskara buatan Anda sendiri di rumah.

Resep 1: Maskara dengan Kandungan Minyak Vitamin E

Ambil dua sendok arang bekas (hancurkan dan haluskan terlebih dahulu) dan tambahkan 3-4 sendok minyak Vitamin E ke dalamnya. Lalu tambahkan 2 sendok gel aloe vera dan aduk rata. Campurkan semua bahan itu dan simpan dalam botol.

Kemudian diamkan selama 24 jam. Dan, Taraaa.. Anda bisa menggunakan maskara ini, tapi usahakan untuk menggunakannya dengan teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

Kenapa Vitamin E? Karena vitamin E dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bulu mata dan juga membuatnya terlihat lebih alami dan tampak mewah berkilau. Selain itu, gel Aloe vera akan sangat menyegarkan bulu mata Anda, serta membantu menjaga bulu mata Anda tetap terhidrasi dan melembabkannya setiap saat. Juga, Menggunakan arang bekas akan memberi Anda warna hitam alami.

Resep 2: Maskara dari Tanah Liat

Mascara buatan sendiri lainnya yang bisa dengan mudah dibuat adalah dengan menggunakan tanah liat. Ambil 4-5 sendok tanah liat hitam dan tambahkan setengah sendok batu karang merah. Tambahkan 3-4 sendok gliserin dan air ke dalamnya.

Jika tidak ada gliserin, Anda juga bisa menggunakan minyak sayur sebagai alternatif. Campurkan semua bahan dan diamkan selama 24 jam agar bahannya meresap. Sekarang transfer ini ke dalam tabung maskara dan gunakan secara teratur.

Jangan cemas! Tanah liat hitam tidak berbahaya bagi bulu mata Anda dan sebenarnya itu bisa membuat mereka terlihat lebih lama dan lebih kuat. Menambahkan tanah liat dengan karang merah ke maskara Anda bisa membuat bulu mata Anda terlihat tebal dan berat.

Selain itu, Gliserin atau minyak sayur, kedua ramuan ini bisa membuat bulu mata terhidrasi dan melembabkan. Namun beberapa orang juga lebih suka menambahkan minyak kelapa ke dalamnya, tapi sebaiknya hindari menggunakan minyak kelapa, karena bisa cepat hilang karena air.

Resep 3: Maskara dari Mineral Hitam
Ada resep lain yang bisa membantu membuat maskara di rumah. Caranya, ambil bubuk mineral hitam, gel aloe vera, minyak esensial lavender dan tanah liat jenis bentonit.

Campur semua bahan dalam satu wadah dalam jumlah yang sama dan tambahkan sedikit air untuk membuatnya menjadi pasta yang halus. Anda juga bisa menambahkan beberapa gel aloe vera untuk mendapatkan kesan bulu mata yang lebih tebal. Aduk semua bahan dan simpan dalam botol selama 24 ja. Jangan lupa gunakan maskara ini secara teratur.

Dari manfaat setiap bahan, minyak esensial Lavender membantu meredakan bulu mata, sementara gel lidah buaya membantu agar bulu mata tetap terhidrasi dan nyaman juga. Bubuk mineral hitam membantu menguatkan bulu mata, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

Namun perlu Anda ingat, Positifers, selalu buat maskara baru setiap bulan karena maskara ini cenderung kadaluarsa dalam waktu 2 bulan. Karena bahan alami di dalamnya, ada kemungkinan besar reaksi bakteri dapat terjadi, sehingga menyebabkannya menjadi tidak baik digunakan lagi. Selain itu, jangan lupa untuk selalu simpan maskara alami ini di tempat yang sejuk dan kering. Jauhkan dari sinar matahari.

Editor: Khadijah