Penyakit Mirip Polio Lumpuhkan Anak-anak di Amerika

"Kasus pertama AFM terdeteksi pada tahun 2014 setelah sejumlah anak dirawat di rumah sakit karena penyakit seperti polio"
ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Virus langka yang disebut Acute Flaccid Myelitis (AFM) menyebabkan 130 anak di Amerika mengalami gejala lumpuh seperti polio dan para ahli kesehatan tidak mengetahui apa penyebab dari penyakit tersebut.

"Kasus pertama AFM terdeteksi pada tahun 2014 setelah sejumlah anak dirawat di rumah sakit karena penyakit seperti polio. Biasanya, tanda pertama penyakitnya adalah pasien mulai berjuang untuk menggerakkan anggota badan, wajah, lidah dan mata mereka," ujar Tracy Ayers dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang mengungkapkannya pada pertemuan Layanan Kecerdasan Epidemi CDC.

Ia melanjutkan, mereka yang terkena penyakit ini kemudian mulai kehilangan kontrol dari satu anggota badan atau kadang-kadang seluruh tubuh, meskipun banyak dari anggota tubuh yang dikendalikan dengan fungsi sensorik seperti usus dan kandung kemih mereka.

Bahkan ia menyatakan bahwa tidak ada kemajuan dalam memahami penyakit ini sejak tahun 2014. Penyakit ini telah ada selama bertahun-tahun dan masih jadi misteri, karena dokter memiliki tanda tanya yang besar tentang mengapa dan bagaimana AFM memanifestasikan dirinya.

"Dengan sekitar 130 kasus yang dilaporkan tahun lalu, CDC masih belum mengetahui penyebab penyakit ini, seperti bagaimana perkembangannya atau bahkan siapa yang paling berisiko terkena penyakit ini," tuturnya.

Dari penelitian yang sejauh ini dilakukan ahli, sindrom ini mempengaruhi sumsum tulang belakang dan disebabkan oleh demam yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan hingga menyebabkan anak-anak dirawat di rumah sakit selama berbulan-bulan. Bahkan periset telah menguji lebih dari 250 organisme yang berbeda yang berkemungkinan dapat menyebabkan hal ini. Periset juga memperluas lingkup penelitian untuk melihat apakah penyakit ini menular.

"Setelah penurunan pada tahun 2015, kasus AFM mulai meningkat selama tahun 2016 meningkatkan kekhawatiran akan kebangkitan kembali. Organisasi tersebut ... Baca halaman selanjutnya