Tidur di Akhir Pekan Dikaitkan dengan Penurunan Berat Badan

" Tidak cukup tidur bisa mengganggu hormon dan metabolisme dan diketahui bisa meningkatkan risiko obesitas"
Mengganti tidur yang hilang pada akhir pekan dapat membantu Anda menurunkan berat badan (pixabay)

KLIKPOSITIF - Mengganti tidur yang hilang pada akhir pekan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Tidak cukup tidur bisa mengganggu hormon dan metabolisme dan diketahui bisa meningkatkan risiko obesitas.

"Tidur nyenyak, biasanya menyebabkan hutang tidur, biasa terjadi dan tak terelakkan dalam banyak kasus, dan merupakan faktor risiko untuk obesitas, hipertensi, penyakit jantung koroner, serta kematian," penulis utama Dr. Chang-Ho Yun dari Universitas Nasional Seoul.

Dilansir dari laman reuters, tidur nyenyak mungkin lebih baik daripada tidur siang, karena tidur bisa lebih dalam dan mengikuti ritme untuk bangun lebih dekat. Untuk mengetahui bagaimana tidur akhir pekan terkait dengan berat badan, para peneliti menggunakan data dari survei nasional terhadap lebih dari 2.000 orang yang berusia antara 19 sampai 82 tahun.

Dalam wawancara tatap muka, para periset bertanya kepada peserta tentang tinggi badan dan berat badan mereka, kebiasaan tidur siang dan malam hari, suasana hati dan kondisi medis. Tim peneliti menggunakan informasi ini untuk mengetahui indeks massa tubuh (body mass index / BMI), ukuran berat badan terhadap tinggi badan, dan apakah peserta merasakan tidur lelap pada akhir pekan.

Tidur lelap didefinisikan sebagai tidur berjam-jam di malam akhir pekan dibandingkan dengan malam hari kerja. Rata-rata, peserta tidur 7,3 jam per malam dan memiliki BMI 23, yang termasuk dalam kisaran sehat. Sekitar 43 persen orang tidur lebih lama di akhir pekan hampir dua jam daripada yang mereka lakukan pada hari kerja.

Orang-orang yang tidur di akhir minggu cenderung tidur lebih singkat pada jam kerja, tapi tidur lebih lama secara keseluruhan sepanjang minggu. Analisis peneliti menemukan bahwa mereka yang tidur di akhir minggu memiliki BMI rata-rata 22,8 sementara mereka yang tidak tidur rata-rata tertangkap 23,1.

Selain itu, semakin banyak tidur seseorang, semakin rendah BMI mereka, dan setiap ... Baca halaman selanjutnya