Orang yang Selalu Tidur Pada Jam yang Sama Lebih Sukses dan Sehat

"Sebuah tim mengukur ritme tidur dan sirkadian pada 61 mahasiswa di Harvard College selama 30 hari"
Ilustrasi. (Mail Online/Shutterstock)

KLIKPOSITIF - Orang yang tidur pada waktu yang sama setiap malam jauh lebih sehat dan sukses daripada rekan mereka yang memiliki jam tidur tidak teratur, menurut penelitian baru.

Sementara banyak peneliti mengkaji tentang efek durasi tidur, para ilmuwan di Rumah Sakit Brigham dan Women telah menemukan rutinitas tidur juga sama pentingnya. Sebuah tim mengukur ritme tidur dan sirkadian pada 61 mahasiswa di Harvard College selama 30 hari dengan menggunakan buku harian tidur, kemudian membandingkan data tersebut dengan kinerja akademis mereka.

Peneliti melaporkan, sangat banyak siswa dengan pola tidur tidak teratur memiliki nilai rata-rata lebih rendah daripada yang lain. Mereka juga cenderung lebih sering ketiduran di kelas dan berjuang melawan kantuk karena pelepasan melatonin yang tidak teratur.

Penelitian ini merupakan salah satu studi pertama yang mempertimbangkan atau secara akurat mengukur efek pola tidur. Ini menunjukkan bahwa rutinitas yang tidak konsisten mencegah tubuh melepaskan hormon pada saat yang tepat untuk membuat Anda merasa mengantuk dan terjaga, sehingga membuang ritme sirkadian (jam tubuh).

Dalam studi tersebut, para peneliti mengukur keteraturan tidur dengan menggunakan indeks keteraturan tidur (SRI), sebuah metrik yang baru dirancang. Mereka meneliti hubungan antara SRI, durasi tidur, distribusi tidur sepanjang hari, dan prestasi akademik selama satu semester.

"Hasil kami menunjukkan bahwa tidur dan bangun pada waktu yang hampir bersamaan sama pentingnya dengan jumlah jam tidur seseorang," kata Dr Andrew JK Phillips, seorang biofisik di Divisi Gangguan Tidur dan Sirkular, Rumah Sakit Brigham dan Women.

Ia mengatakan, tidur secara teratur adalah faktor yang berpotensi penting dan dapat dimodifikasi terlepas dari durasi tidur. Siswa dengan pola tidur yang lebih teratur memiliki rata-rata nilai sekolah yang lebih baik.

Sumber: ... Baca halaman selanjutnya