Penggunaan Doksisiklin dan Vitamin C Lebih Efektif Bunuh Sel Kanker

"Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa vitamin C dan senyawa non-toksik lainnya berperan dalam memerangi kanker,"
ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Penelitian yang dilakukan para ahli dari University of Salford yang diterbitkan dalam jurnal Oncotarget menemukan penggunaan antibiotik dengan Vitamin C 100 kali lebih efektif dalam membunuh sel kanker daripada obat yang biasanya diberikan para dokter.

"Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa vitamin C dan senyawa non-toksik lainnya berperan dalam memerangi kanker," ujar Penulis studi Profesor Michael Lisanti dari Universitas Salford

Dalam penelitian itu, didapatkan hasil bahwa pemberian antibiotik non-toksik dan vitamin C secara efektif dapat mengalahkan sel yang membuat sel kanker tumbuh, sehingga sel kanker yang ada pada laboratorium menjadi mati.

Vitamin C dan antibiotik ini dikenal dengan doksisiklin (antibiotik sintetik yang berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan bakteri dengan cara menghambat sintesis protein bakteri). Karena kandungan dari keduanya relatif tidak beracunlah yang diyakini dapat secara dramatis mengurangi efek samping dari penggunaan vitamin C serta doksisiklin.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa ini adalah hal yang menjanjikan untuk kesehatan di masa depan, juga sebagai terapi tambahan yang lebih konvensional untuk mencegah kambuhnya tumor, pertumbuhan penyakit lebih lanjut dan metastasis," katanya.

Dalam penelitian itu, para penelitian memberi sel kanker dosis dokoksiklin lebih dari tiga bulan, kemudian mereka juga memberi sel vitamin C, yang membatasi sumber energi pada tubuh hanya berasal dari glukosa.

Hasilnya, dua hal itu memang membuat sel tetap hidup, namun dalam keadaan sangat lemah. Ini dikarenakan vitamin C menghambat sebagian besar proses pembuatan energi sel yang juga berpengaruh pada sel kanker.

Selanjutnya, para peneliti mengambil glukosa dalam tubuh hingga mengakibatkan sel kanker menjadi kelaparan. Hal ini mengungkapkan bahwa ketika vitamin C diberikan dengan doksisiklin ternyata 100 kali lebih efektif daripada obat biasa yang ... Baca halaman selanjutnya