Perhatikan Tanda Ini untuk Mengetahui Anda Sedang Dibohongi

"Perhatikanlah gerakan tangan lawan berbicara anda saat anda mencoba untuk mengetahui apakah ia menjawab pertanyaan anda dengan jujur."
Ilustrasi. (Mommy Nearest)

KLIKPOSITIF - Positifers, dibohongi oleh pacar, teman atau siapapun tentu saja tidak menyenangkan. Nah, tahukah anda apa saja tanda-tanda seseorang tengah berbohong?

Menurut ahli psikologi yang dilansir mariefranceasia, ada enam cara mengetahui seseorang berbohong atau tidak.

1. Gerakan mata
Saat seseorang berbohong, ia cenderung menggerakkan matanya ke kanan dan ke kiri karena sedang berusaha mencari jawaban lain selain kebenaran yang ingin disembunyikannya.

2. Reaksinya terhadap pertanyaan Anda
Saat ada barang anda yang hilang, maka perhatikanlah jawaban dan reaksi orang-orang di sekitar anda. Anda mungkin akan melihat orang yang mengambil barang anda berusaha mengulur waktu dan menunjukkan keengganannya saat anda memintanya untuk menanyakannya pada orang lain.

3. Gerakan mencibir
Jangan langsung percaya saat sahabat anda mengatakan bahwa penampilan anda sempurna sambil mencibirkan mulutnya. Gerakan mulutnya itulah yang mengatakan apa yang sebenarnya dipikirkan olehnya.

4. Berbelit-belit
Saat seseorang sedang berbohong pada anda maka ia tidak akan dapat menjawab pertanyaan anda secara langsung. Ia akan berusaha menghindari anda atau justru berbelit-belit. Anda mungkin akan mendengarkan dia menjelaskan secara panjang lebar sebelum bicara inti persoalannya.

5. Perhatikan gerakan tangan
Perhatikanlah gerakan tangan lawan berbicara anda saat anda mencoba untuk mengetahui apakah ia menjawab pertanyaan anda dengan jujur. Saat berbohong, seseorang cenderung menutupi mulutnya dengan tangan, menyentuh hidungnya, mengelus dagunya, mengacak-acak rambutnya, atau mengelus pipinya.