Duh! Limbah Kopi Bisa Rusak Lingkungan dan Membuat Hewan Stres

"Peneliti telah mengumpulkan sampel dari tahun 2008 sampai 2015 dari sungai di Wilayah San Diego dan bagian Orange County. "
Ilustrasi. (FitDay)

KLIKPOSITIF - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa kebiasaan mengopi masyarakat Amerika telah merusak lingkungan. Periset menemukan bahwa karena tubuh manusia tidak dapat mencerna semua kafein yang berasal dari kopi, maka sisanya dikeluarkan melalui urin dan telah berhasil masuk ke aliran pedesaan.

Studi telah menemukan bahwa, ketika terpapar kafein, hewan menjadi stres dan tidak dapat melindungi DNA mereka karena dimutasi secara genetis oleh stimulan.

Para ahli sebelumnya telah mengetahui bahwa kafein yang dikeluarkan oleh manusia meresap ke sistem pembuangan limbah di daerah perkotaan, namun temuan baru telah menemukan bahwa zat ini juga telah mencapai arus pedesaan.

Sebuah tim dari Dewan Pengawas Mutu Air San Diego telah menemukan jejak kafein ini di alam liar. Mengetahui tidak ada sumber kafein alami di Amerika Utara, mereka menyimpulkan bahwa zat itu berasal dari manusia.

Peneliti telah mengumpulkan sampel dari tahun 2008 sampai 2015 dari sungai di Wilayah San Diego dan bagian Orange County. Sampel diambil dari limbah mentah dan air minum di daerah perkotaan, selain beberapa di sungai di daerah terpencil.

Setelah menganalisis air, tim tersebut menyimpulkan bahwa air perkotaan memiliki kandungan kafein. Sampel dari limbah yang tidak diolah memiliki kandungan antara 0,052 dan 8,5 mikrogram per liter dan yang membentuk sistem septik berkisar antara 0,029 sampai 1,19 mikrogram per liter.

Tim tersebut telah menetapkan bahwa sumber kafein potensial tersebut berasal dari: saluran pembuangan yang bocor, sistem septik yang kurang terpelihara, wadah limbah makanan atau minuman dari tempat sampah atau sampah sembarangan, air daur ulang yang digunakan untuk irigasi, dan limpasan air hujan.

Sumber: Mail Online