Satu Telur Sehari Jauhkan Anak Anda dari Kekurangan Gizi

"Untuk penelitian, tim tersebut meneliti anak-anak berusia enam sampai sembilan bulan untuk diberi satu telur per hari selama enam bulan."
Telur. (Boldsky.)

KLIKPOSITIF - Mengonsumsi satu butir telur dalam sehari dapat meningkatkan pertumbuhan secara signifikan dan mengurangi resiko kurang gizi sebesar 47 persen pada anak-anak, menurut sebuah penelitian.

"Telur sangat terjangkau, bisa menjadi sumber gizi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan pada anak kecil dan berpotensi berkontribusi pada berkurangnya peningkatan angka anak kurang gizi di seluruh dunia," kata penulis utama Lora Iannotti dari Universitas Washington di St. Louis.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics, menunjukkan bahwa mereka yang makan satu telur per hari memiliki penurunan prevalensi kurang gizi sebesar 47 persen dan berat badan kurang 74 persen.

"Kami terkejut dengan seberapa efektif intervensi ini terbukti. Ukuran efeknya adalah 0,63 dibandingkan dengan rata-rata global 0,39," kata Iannotti.

Untuk penelitian, tim tersebut meneliti anak-anak berusia enam sampai sembilan bulan untuk diberi satu telur per hari selama enam bulan. Mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mengonsumsi telur. Telur adalah makanan dengan gizi lengkap dan bisa dibilang lebih mudah diakses oleh populasi miskin daripada makanan komplementer lainnya, khususnya makanan yang diperkaya, kata Iannotti.

"Telur tampaknya menjadi sumber gizi yang layak dan direkomendasikan untuk anak-anak di negara berkembang," kata Iannotti.

Sumber: Boldsky