Ibu Hamil Harus Waspadai Penyakit Jantung

"Saat ini penyebab utama kematian ibu hamil di Inggris adalah akibat penyakit jantung, namun pada 77 persen kasus itu,"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Studi yang dilakukan dari Sussex Cardiac Centre mengatakan bahwa penyakit jantung yang seringkali menyebabkan kematian akibat tidak disadari oleh ibu hamil. Dalam riset yang dilakukannya, lebih dari 75 persen dari ibu hamil yang didiagnosis terkena penyakit jantung tidak sadar bahwa mereka memiliko penyakit jantung.

"Saat ini penyebab utama kematian ibu hamil di Inggris adalah akibat penyakit jantung, namun pada 77 persen kasus itu, wanita tersebut tidak mengetahui kondisi jantungnya sebelum ia mengalami kehamilan," ujar penulis studi, Rachel James.

Sebagian dokter seringkali mengabaikan mengenai gejala penyakit jantung yang dialami oleh ibu hami, karena mereka dengan keliru mempercayai bahwa masalah jantung tidak akan menyerang wanita muda.

Namun pada kenyataannya, menurut studi wanita hamil lebih beresiko terkena penyakit jantung akibat beban bayi yang dikandung memberatkan jantungnya, dan bagi mereka dengan kondisi hal itu bisa berakibat fatal jika mereka tidak waspada menjaga tubuh mereka dari kegiatan yang memberatkan mereka.

"Gejala penyakit kardiovaskular itu bisa ditutupi oleh kehamilan, makanya dokter pun terkadang tidak menyadari bahwa ibu hamil tesebut memiliki penyakit jantung," katanya.

Para ahli mengatakan, tiap wanita harus bertanya kepada keluarga tentang riwayat kesehatan mereka sebelum memutuskan untuk memiliki anak. Hal ini bertujuan untuk memeriksa apakah ada riwayat keluarga tentang masalah jantung.

Tingkat kematian ibu yang terkait dengan masalah jantung meningkat dua kali lipat sejak tahun 1980an, kematian para ibu hamil di Inggris menemukan bahwa satu dari empat kematian ibu hamil dikaitkan dengan penyakit jantung.

"Permintaan ini menyoroti, bahwa kita perlu melihat tindakan diambil untuk menghentikan wanita muda yang meninggal akibat penyakit jantung,"tuturnya.

Dia menambahkan, wanita yang mencari bayi atau calon ibu juga harus melihat riwayat ... Baca halaman selanjutnya