Olahraga Rutin Dapat Perpanjang Usia Penderita Kanker

"Penelitian pertama dilakukan oleh tim dari Harvard University, penelitian ini mengikutkan 992 pria penderita kanker usus stadium tiga dalam waktu tujuh tahun, kanker ini telah menyebar ke jaringan terdekat dalam organ tubuh mereka."
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Studi yang dilakukan tim peneliti dari Harvard University dan peneliti dari Australia menemukan bahwa olahraga 30 menit tiap hari dapat menghilangkan 50 persen resiko kematian akibat kanker. Hal itu disebabkan olahraga yang dilakukan dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Studi mengenai kanker ini dipresentasikan di American Society of Clinical Oncology di Chicago, dalam pertemuan kanker dunia.

Penelitian pertama dilakukan oleh tim dari Harvard University, penelitian ini mengikutkan 992 pria penderita kanker usus stadium tiga dalam waktu tujuh tahun, kanker ini telah menyebar ke jaringan terdekat dalam organ tubuh mereka.

Kanker stadium tiga adalah penyakit kanker berkelanjutan dari kanker yang mana berarti kanker telah menjadi besar dan tumbuh dengan cepat.

Dari hasil studi tersebut, didapatkan data bahwa mereka yang melakukan olahraga ringan selama 30 menit dalam lima hari seminggu serta makan dengan sehat mengalami pengecilan kanker sebesar 42 persen dari ukuran sebelumnya. Mereka juga memiliki kemungkinan lebih kecil dapat meninggal akibat kanker.

"Olahraga sangat penting untuk kanker usus karena mengurangi peradangan, yang dapat menyebabkan sel berkembang biak dan membentuk tumor. Ini juga mencegah pasien menjadi gemuk, karena jaringan lemak menghasilkan hormon yang merangsang pertumbuhan tumor," katanya.

Studi kedua dilakukan oleh ilmuwan dari Australia yang mengamati 195 wanita yang baru saja menjalani operasi pengangkatan kanker payudara. Pada studi itu, setengah dari pasien diminta untuk melakukan aktifitas rutin selama 180 menit dalam seminggu dalam kurun waktu delapan bulan.

Penelitian ini dilakukan selama delapan tahun dan dari penelitian itu didapatkan hasil bahwa mereka yang dulu terkena kanker payudara dapat hidup lebih lama, karena resiko mereka untuk terkena kanker itu menjadi lebih kecil.

"Seorang penderita kanker, terutama kanker usus ... Baca halaman selanjutnya