Remaja Perempuan Miliki Potensi Alami Depresi Lebih Tinggi

"36 persen anak perempuan mengalami depresi dan 14 persen anak laki-laki juga mengalaminya. Angka temuan ini tingkatnya jauh lebih tinggi daripada perkiraan sebelumnya."
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Studi yang dilakukan oleh Children's Hospital of Pittsburgh mengungkapkan bahwa gadis remaja dalam rentang usia 12-17 tahun mengalami tingkat depresi yang lebih tinggi daripada anak laki-laki seusianya.

Penelitian itu menemukan bahwa 36 persen anak perempuan mengalami depresi dan 14 persen anak laki-laki juga mengalaminya. Angka temuan ini tingkatnya jauh lebih tinggi daripada perkiraan sebelumnya.

Sebelumnya para ahli mengakui bahwa para gadis remaja memang mengalami tingkat depresi yang lebih tinggi, namun perkiraannya hanya tujuh persen dari gadis remaja dan empat persen yang merupakan dugaan yang didapat dari CDC.

Direktur Nasional Penjangkauan Klinis di Newport Academy, Kristin Wilson mengatakan, angka persentase yang didapatkan melalui penelitian tersebut telihat tepat.

"Saya tidak heran dengan temuan ini. Karena saya telah melihat jumlah yang meningkat dari gadis remaja yang datang untuk melakukan perawatan depresi beberapa tahun terakhir," ujarnya

Namun Wilson terkejut saat menemukan jumlah yang begitu jauh berbeda antara gadis dan remaja laki-laki yang mengalami depresi. Sementaravitu, Psikoterapis New York Alyson Cohen mengungkapkan, adanya angka tingkat depresi yang berbeda salah satunya karena remaja laki-laki tidak mengepresikan gejala depresi yang sama seperti seorang
gadis remaja.

"Ada tekanan sosial yang dimiliki oleh remaja laki-laki dengan tidak mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Remaja laki-laki juga cendrung untuk tidak mendiskusikan perasaan mereka dibandingkan anak perempuan. Jadi mereka mungkin tidak terbuka dalam sharing bahwa mereka sedih. Beberapa orang tidak mengenali gejala mereka sebagai depresi," katanya.

Cohn mengungkapkan, depresi tidak selalu terlihat seperti kesedihan dan air mata. Itu bisa berbentuk seperti amarah, tingkah laku dan hal lainnya. Bahkan laki-laki di usia 20-an lah yang cendrung jauh lebih tertekan daripada wanita, ... Baca halaman selanjutnya