Hindari Bahaya Kencanduan Internet

"Studi itu mengungkapkan bahwa reaksi tubuh yang mereka alami itu hampir sama dengan seorang pecandu, yang mana mereka merasa seolah mendapat 'serangan pada tubuh' mereka akibat alkohol, ganja atau heroin."
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Studi yang dilakukan oleh ilmuan dari University of Swansea menemukan bahwa mereka yang sering menggunakan ponsel dan laptop dalam menggunakan internet mengalami peningkatan yang signifikan pada tekanan darah dan rasa cemas.

Studi itu mengungkapkan bahwa reaksi tubuh yang mereka alami itu hampir sama dengan seorang pecandu, yang mana mereka merasa seolah mendapat 'serangan pada tubuh' mereka akibat alkohol, ganja atau heroin.

"Kami akhir-akhir ini memang menemukan hal itu melalui laporan orang-orang yang terlalu lama dan sering menggunakan perangkat digital mereka melaporkan adanya perasaan cemas saat mereka tidak lagi menggunakannya, namun sekarang kita dapat melihat bahwa efek psikologis ini disertai oleh perubahan fisiologis yang nyata," ujar Periset utama
dari studi tersebut, Phil Reed.

Pada studi itu, mereka melihat reaksi tubuh 144 orang setelah online. Reaksi tubuh mereka idektik hampir sama dengan para pecandu narkoba, meskipun mereka tidak merasa sakit jika tidak mendapatkannya.

Dari mendapatkan hasil, periset melihat sebagian besar dari mereka mengalami peningkatan tekanan darah 4 persen, beberapa mengalami perubahan fisiologis yang parah dengan mereka denyut jantung melonjak hampir 10 persen.

Meskipun tidak mengancam jiwa, namun peningkatan yang begitu intens dapat menghambat sistem hormonal dan mempengaruhi respon kekebalan pada tubuh, apalagi jika itu terjadi secara teratur. Dan para periset yakin reaksi ini bahwa bisa jadi ini alasan mengapa kita buru-buru mengecek ponsel kita.

Studi yang dipublikasikan di jurnal peer-review PLOS ONE ini adalah demonstrasi eksperimen terkontrol pertama dariperubahan fisiologis akibat terpaan internet. Dan juga, studi tersebut menemukan bahwa para peserta menghabiskan rata-rata lima jam sehari dengan menggunakan internet, dan 20 persen lainnya menghabiskan lebih dari enam jam dalam sehari menggunakan internet.

Di sisi lain, ... Baca halaman selanjutnya