Hindari Tujuh Resiko Penyebab Penyakit Jantung

"Faktor risiko utama dari penyakit jantung terdiri dari tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, gula darah tinggi, diet tak sehat, kurang olahraga, obesitas dan merokok."
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Penelitian yang ditulis dalam jurnal Hypertesion mengungkapkan dengan menghindari enam dari tujuh risiko utama penyebab penyakit jantung membuat arteri menjadi awet muda dan mengurangi resiko terkena serangan jantung di usia 50an tahun.

Faktor risiko utama dari penyakit jantung terdiri dari tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, gula darah tinggi, diet tak sehat, kurang olahraga, obesitas dan merokok.

"Terutama yang tetap kurus dan menghindari diabetes sepertinya sangat penting," Kata penulis studi, Teemu Niiranen.

Dari penelitian itu, dengan kebiasaan hidup yang aktif secara fisik, menjaga makanan yang menyehatkan dan tidak merokok dapat meningkatkan kesehatan arteri (pembuluh darah) kita hingga 10 kali lipat lebih sehat.

Karena Seiring bertambahnya usia, arteri kita biasanya menjadi kaku, hal inilah yang meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan jantung penyakit.

"Dan juga, penyakit jantung dianggap terutama disebabkan oleh kelebihan peradangan dan ketidakseimbangan neurohormonal yang terkait Dengan obesitas dan diabetes," tuturnya.

Periset percaya bahwa dengan membuat pilihan gaya hidup sederhana dan sehat dapat menjaga kesehatan awet muda seiring bertambahnya usia.

Penelitian ini dilakukan pada 391 orang. Pada awalnya, tak satu pun peserta mengalami penyakit jantung di awal penelitian, namun mereka pun mengalami perkembangan kondisi selama percobaan. Hasilnya, sekitar 207 kejadian kardiovaskular, seperti serangan jantung terjadi pada mereka yang memiliki empat atau lima dari tujuh resiko penyakit jantung.

Mereka yang memiliki arteri sehat 55 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit jantung. Dan juga, hasil penelitian itu mengungkapkan, orang dewasa yang menghindari setidaknya enam dari tujuh resiko penyakit jantung, 10 kali lebih mungkin memiliki pembuluh darah fleksibel dan sehat daripada yang hanya menghindar satu atau ... Baca halaman selanjutnya