Produser Descendants of the Sun Akan Denda Pihak Pengiklan Tanpa Izin

"Bahkan sponsor resmi drama itu juga telah melanggar hak cipta, tetapi mereka telah menghapus gambar menyusul perseteruan antara Song Hye Kyo"
Song Jong Ki dan Song Hye Kyo. (Istimewa)

KLIKPOSITIF - Perusahaan NEW selaku produser Descendants of the Sun menyatakan akan mendenda pihak-pihak yang tanpa izin menggunakan adegan di drama populer itu sebagai materi promosi atau iklan.

"Ratusan bisnis mencoba menjual produknya menggunakan adegan yang diambil dari tayangan kami tanpa izin," ucap pihak perusahaan kepada Yonhap News Agency. "Segala macam bisnis, besar ataupun kecil di Korea Selatan dan China telah mencoba mengambil keuntungan dari kesuksesan drama ini," ujarnya.

Bahkan sponsor resmi drama itu juga telah melanggar hak cipta, tetapi mereka telah menghapus gambar menyusul perseteruan antara Song Hye Kyo dengan toko perhiasan ternama J.ESTINA, yang menggunakan gambar aktris itu tanpa izin.

Perusahaan itu berusaha menyangkal dengan menunjukkan salinan kontrak sponsorship pada awal pekan ini. Namun NEW mengungkapkan kontrak sponsor itu dibuat antara pihak perusahaan dengan J.ESTINA, bukan pihak J.ESTINA dengan Song Hye Kyo. Oleh karena itu, J.ESTINA seharusnya meminta izin kepada aktris secara terpisah.

"Kami tidak pernah izinkan J.ESTINA untuk menggunakan hak pribadi Song tanpa izin," kata pihak NEW. "Kami akan mengambil langkah-langkah hukum untuk melawan J.ESTINA," ujar perusahaan itu.

Penerjemah: Puti Lara