7 Tips Atasi Rasa Lapar dan Lelah Saat Puasa

"Untuk membantu anda mengatasi rasa lapar dan kelelahan di bulan Ramadan berikut adalah tujuh tips yang bisa digunakan untuk tetap segar menjalani puasa."
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Bulan Ramadan untuk umat muslim adalah bulan suci dimana semua umat Isalam melaksanakan puasa wajib yaitu menahan hawa dan nafsu mulai dari terbit fajar samapi tenggelamnya matahari.

Selama menjalankan puasa di siang hari, selain menahan hawa dan nafsu, ada dua tantangan paling umum yang dihadapi saat Ramadan yaitu rasa lapar dan lelah, untuk mengatasi hal tersebut ada bebarapa hal yang dapat dilakukan.

Untuk membantu anda mengatasi rasa lapar dan kelelahan di bulan Ramadan berikut adalah tujuh tips yang bisa digunakan untuk tetap segar menjalani puasa.

1. Mengatur Pernapasan

Saran paling penting untuk diikuti bagi orang yang berpuasa adalah mengatur pernapasan, yakni dengan cara belajar bernafas dengan lebih baik. Kualitas oksigen yang dimasukkan ke dalam sistem pernapasan, serta kemampuan tubuh untuk mengeluarkan CO2 sangat penting untuk kehidupan sel-sel kita yang panjang dan sehat.

Saat seseorang hanya menghirup sedikit oksigen, maka semakin sedikit oksigen yang akan mencapai sel, otak dan hati kita. Akibatnya, tubuh mengalami kesulitan dalam melaksanakan fungsinya dengan optimal. Hal ini juga menyebabkan kita mengalami kelelahan dan tubuh memiliki kondisi energi yang rendah. Sinkronkan aktivitas dengan pernapasan sampai menjadi kebiasaan bawah sadar, seperti melakukan zikir, sholat Tarawih atau melakukan pekerjaan rutin.

Lakukan pernapasan seperti Bernafas melalui hidung, Bernapas dalam-dalam (gunakan diafragma) dan Bernapas dengan lebih lambat


2. Olahraga

Olahraga teratur merupakan hal penting karena ini adalah salah satu cara tercepat di mana tubuh kita diminta untuk bernafas lebih dalam. Jika olahraga dilakukan dengan benar - meskipun hanya sebentar, hal ini akan memberi dorongan energi yang menghindari perasaan mudah lelah. Jadwalkan beberapa olaharaga ringan ke dalam rutinitas Ramadan, seperti berjalan kaki singkat setelah sahur yang berguna untuk ... Baca halaman selanjutnya